Ratusan personel Brigade Mobil (Brimob) Polda Riau dikerahkan guna memperkuat upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Pulau Rupat, Bengkalis dan Kota Dumai.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, Sabtu, mengatakan para personel itu dibekali perlengkapan pemadaman dan terdiri dari satu satuan setingkat kompi (SSK) A Markas Pekanbaru dan satu satuan setingkat pleton (SST) Yon B Rokan Hilir.

"Kita BKO kan satu SSK (dari Pekanbaru, lengkap dengan perlengkapan termasuk alat Damkar dan satu SST Yon B Rohil. Hari ini sudah mulai bertugas," jelasnya.

Secara keseluruhan, total terdapat 130 personel Brimob yang dikerahkan membantu dan memaksimalkan upaya penanggulangan Karhutla di wilayah Rupat, Bengkalis.

Mereka semua akan bergabung bersama dengan ratusan prajurit Kostrad TNI bersama dengan Polres Bengkalis, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Manggala Agni serta masyarakat terus berjibaku memadamkan api di wilayah itu selama tiga pekan terakhir.

"Fokus pemadaman masih di wilayah Rupat dan Dumai. Dan Alhamdulillah hari ini laporan kondisi di lapangan sudah jauh membaik," ujarnya.

Lebih jauh, selain mengerahkan pasukan ke lokasi Karhutla, Sunarto mengatakan Polda Riau melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus juga turut membantu pengadaan mesin pemadam kebakaran portable.

Sebanyak 10 unit mesin penyemprot air dengan kapasitas besar diserahkan ke Satgas Karhutla Riau. Sunarto menyebutkan jika selama ini upaya penanggulangan kerap dihadapkan dengan minimnya keberadaan peralatan.

"Untuk itu, atas perintah bapak Kapolda kita membantu menyerahkan mesin air portable ke Posko Karhutla. Selain itu, kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama antisipasi," ujarnya.
 

Pewarta: Antara

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019