Medan (Antaranews Sumut) - Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Direktorat Kemahasiswaaan Ditjen Dikti, Dr. Misbah Fikrianto mendorong mahasiswa UISU untuk berwirausaha dengan memanfaatkan teknologi komunikasi sehingga memberi manfaat ekonomis.
     
"HP yang di tangan anda, jangan sekedar digunakan untuk bermain FB, game, tetapi bisa dimanfaatkan untuk urusan bisnis yang bisa menghasilkan uang," katanya saat menyampaikan materi kuliah umum di Auditorium Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) di Medan, Selasa.

Pada kuliah umum dengan topik "Strategi Pengembangan Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0" tersebut ia mengatakan Revolusi Industri 4.0 harus dimanfaatkan oleh para mahasiswa dengan melakukan berbagai kreativitas untuk memperoleh manfaat yang positif.  

Ia berkeyakinan bahwa mahasiswa yang penuh kreativitas juga akan membawa nama baik almamaternya sehingga lebih dikenal karena berhasil memunculkan mahasiswa yang berhasil di bidangnya.

Sebaliknya, Misbah mengingatkan bahwa mahasiswa yang tidak kreatif akan tertinggal, sebab itu tidak ada pilihan bahwa era saat ini menuntut perguruan tinggi dan mahasiswa untuk kreatif mengikuti perkembangan era Revolusi Industri 4.0.

Misbah juga mengingatkan bahwa secara umum tujuan tujuan mahasiswa setelah tamat kuliah hanya tiga, yakni menjadi pegawai, berwisausaha, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan bukan untuk urusan menikah.  

"Karena mahasiswa harus bisa membahagiakan orangtua," katanya.

Sementara Pembantu Rektor III UISU, Prof. Efendi Barus dalam kesempatan yang sama juga mengingatkan para mahasiswa untuk terus kreatif dan membangun kemampuan wirausaha. 

"Sebab era ini persaingan hidup terasa semakin lebih sulit. “Kalau kalian tidak kreatif memanfaatkan tehnologi yang ada, maka kalian akan tertinggal jauh," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019