Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Ketua Majelis Budhayana Indonesia (MBI) Labuhanbatu Utara, Gunawan menyatakan mengapresiasi aktivitas Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat terkait pelaksanaan pemilihan umum yang akan digelar pada 17 April mendatang.

Ketua MBI Labura Gunawan alias Aguan saat memberikan sambutan pada sosialisasi yang dilaksanakan KPU di Vihara Jetayana Aekkanopan, Jumat (15/2) malam. (Antara Sumut/Istimewa)


Hal itu diutarakannya di hadapan Komisioner KPU Labura yang melaksanakan sosialisasi di Vihara Jetayana yang berada di Jalan Ghazali Karim Aekkanopan TImur, Jumat malam.

Pada kesempatan itu, pria yang akrab disapa Aguan itu menjelaskan, terdapat 140 kepala keluarga (KK) penganut agama Buddha di Aekkanopan. Sedangkan vihara di tanah Basimpul Kuat Babontuk Elok itu ada dua yaitu Vihara Jetavana di Aekkanopan dan satu lagi vihara berada di Kecamatan Marbau.

Aguan yang juga merupakan salah satu pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Labura itu mengajak umat Buddha yang ada di Aekkanopan khususnya dan Labura umumnya agar dapat memberikan hak suaranya pada pemilu serentak yang kian dekat waktunya.

Komisioner yang membidangi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM H Safru el Fauzi pada kesempatan itu mengajak jemaat Budha meningkatkan partisipasinya dalam setiap tahapan Pemilu.

“Partisipasi yang dapat dilakukan masyarakat bukan hanya sebatas memberikan hak pilih pada Tempat Pemungutan Suara (TPS), melainkan banyak varian partisipasi seperti turut memantau dan mengajak sanak keluarga untuk menggunakan hak pilih,” katanya.

Sementara James Ambarita, komisioner yang membidangi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi pada kesempatan itu antara lain menjelaskan, warga dapat mengecek apakah dirinya sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum.

“Kami berharap warga negara Indonesia yang sudah punya hak pilih proaktif untuk melakukan pengecekan," katanya dalam kegiatan yang juga dihadiri Komisioner membidangi Divisi Hukum dan Pengawasan Habibullah serta Adi Susanto yang membidangi Divisi Teknis dan Penyelenggaraan tersebut.

Kegiatan yang berlangsung sederhana itu juga dihadiri bhiksu, puluhan jemaah Buddha serta pengurus MBI Labura serta relawan demokrasi rbasis keagamaan. KPU juga membagikan brosus terkait dan penjelasan terkait pemilih yang belum terdaftar alam DPT dan akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Tambahan 

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019