Batubara (Antaranews Sumut) - Kedepannya Sekolah Adiwiyata di Batubara harus bertambah jumlahnya dan menunjukkan hasil yang sangat baik. 

Bupati Batu Bara Ir H.Zahir MAP di Lima Puluh, Selasa, mengatakan, dengan program Adiwiyata tercipta lingkungan sekolah yang bersih, sehat, hijau, asri dan tertata dengan rapi. 

Kemudian, dengan adanya sekolah Adiwiyata dapat menjadi sarana edukasi pendidikan. 

“Para siswa dapat belajar bagaimana membangkitkan kepedulian terhadap lingkungannya. Dengan itu mereka dapat menerapkan di daerah tempat tinggalnya masing-masing.

Selain itu, dirinya telah mendapatkan informasi bahwa sekolah adiwiyata sudah mampu mengembangkan kurikulum sekolah dengan mengintegrasikan lingkungan dalam setiap mata pelajaran.

Sekolah sudah dapat mengembangkan sarana prasarana ramah lingkungan di antaranya bank sampah, pengomposan, pemanfaatan tempat sampah terpilah, daur ulang sampah dan sarana ramah lingkungan lainnya yang dapat menanggulangi permasalahan lingkungan di sekolah.

Tentunya banyak aksi yang dilakukan terhadap lingkungan yang telah diimplementasikan dengan berbagai kegiatan. Artinya sekolah memiliki peran strategis dalam pendidikan lingkungan di masyarakat. 

Untuk itu, ke depan program ini perlu lebih dikembangkan di seluruh sekolah yang ada di Batu Bara dalam upaya menciptakan generasi muda Batu Bara yang cinta dan peduli lingkungan.

"Program Adiwiyata adalah program strategis nasional kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Pendidikan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri," katanya.
 

Pewarta: Suhaimi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019