Langkat (Antaranews Sumut) - Ratusan peserta berasal dari 23 kecamatan dan satu perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, ikuti MUsabaqoh Thilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten yang dilaksanakan di Kecamatan Salapian selaku tuan rumah. 

Hal itu disampaikan Wakil Sekretaris Panitia Musabaqoh Thilawatil Quran Langkat Yusri Ritonga, di Tanjung Keliling Salapiam, Senin.

Yusri Ritonga menyampaikan peserta yang mengikuti MTQ itu sebanyak 943 orang yang terdiri dari putra sebanyak 426 orang, putri sebanyak 406 orang dan official putra 83 orang dan official putri 28 orang.

Selain 23 kecamatan yang mengikuti MTQ kali ini juga diikuti oleh salah satu perusahaan swasta yang ada di daerah ini yaitu Langkat Nusantara Kepong (LNK) yang juga mengirimkan pesertanya, katanya.

Ia juga menyampaikan rencananya MTQ ini akan dibuka langsung Bupati Ngogesa Sitepu, baik dari mulai pawai taarufnya hingga pembukaan MTQ yang direncanakan akan dibuka pukul 20.00 Wib, Senin (11/2) malam di perkebunan Tanjung Keliling.

"Melalui MTQ kali ini diharapkan akan melahirkan para qori dan qoriah terbaik Langkat selanjutnya nanti akan dibina untuk mengikuti MTQ tingkat Sumatera Utara," ujarnya.

Selain itu juga ini sebagai ajang seleksi bagi qori dan qoriah yang berbakat, karena daerah ini harus terus menerus menciptakan para pembaca Al Quran terbaik maupun mereka para penghafal Al Quran, ungkapnya.

Sebab Langkat merupakan salah satu daerah di Sumatera Utara ini sebagai gudangnya qori dan qoriah yang reputasinya sudah cukup membanggakan untuk Sumatera Utara, selain itu banyak juga qori-qoriah Langkat mewakili Sumatera Utara di MTQ Nasional.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019