Serdang Bedagai (Antaranews Sumut) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15/SPP Kodim 0204/DS di Kabupaten Serdang Bedagai dituntut untuk berperan aktif membantu petani menyukseskan program swasembada pangan bersama di desa binaan.

Hal tersebut persis dilakukan oleh Babinsa Serka Moradin turun ke dalam persawahan melakukan pendampingan membantu petani di desa Tinokah, Kecamatan Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (10/2/2019) dengan menanam dan mencabut bibit padi diatas lahan seluas 6 rante milik Sawah M. Damanik yang merupakan anggota kelompok Tani karya bakti.

Padi merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan pokok dan sangat penting sebagai kebutuhan pokok bidang pangan dalam negeri. Dimana setiap tahunnya cenderung meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk dan berkembangnya industri pangan dan pakan. Dari sisi Ketahanan Pangan Nasional hal itu berfungsi menjadi amat penting dan strategis.

Kegiatan ini juga untuk memberikan upaya khusus dalam meningkatkan kualitas para petani di desa binaannya serta membantu mensukseskan program pemerintah yaitu Ketahanan Pangan Nasional untuk mencapai swasembada pangan nasional.

"Ini sebagai komitmen kami sebagai babinsa untuk membantu dan mensejahterakan para petani dalam pencapaian swasembada pangan," katanya.

Disamping itu, Babinsa selain menjadi salah satu penggerak juga dapat sebagai penyuluh yang dapat berperan sebagai motivator melalui pengawalan dan pendampingan kegiatan pertanian. Tujuannya tidak lain demi peningkatan produksi padi dalam pencapaian swasembada pangan di wilayah berkelanjutan.

Di tempat terpisah Danramil 15/SPP Kapten Inf Ramlan mengatakan bahwa ia (Danramil) dan prajuritnya membantu para petani di kawasan ini untuk menunjukkan sinergi antara TNI dan masyarakat.
 
"Saya selalu menekankan kepada seluruh Babinsa agar selalu aktif dalam tugasnya karena itu sudah menjadi perintah dari Komando atas bahwa TNI harus ikut menyukseskan program pemerintah yakni swasembada pangan," katanya.

Pewarta: Septianda

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019