Jakarta (Antaranews Sumut) - Pesawat Lion Air rute Bandara Internasional Kualanamu, Sumut ke Bandara Juanda Surabaya keberangkatan pukul 07 000 WIB terpaksa mendarat di Bandara Soekarno Hatta Jakarta karena landasan pacu atau "runway" Bandara Juanda rusak.
     
Setelah mengumumkan pengalihan pendaratan, sekitar pukul 10.30 WIB dan kemudian mendarat serta menunggu sekitar 30 menit di dalam pesawat, petugas Lion Air  memperbolehkan penumpang turun dari pesawat.

Ratusan penumpang pesawat Boeing 737  itu diarahkan menunggu di ruang  tunggu keberangkatan Bandara Soekarno Hatta.

Selama menunggu, penumpang mendapat roti dan air.mineral.

"Rusak semua rencana mengikuti agenda kegiatan di HPN (Hari Pers Nasional) di Surabaya pada Kamis akibat rusaknya landasan pacu Bandara Juanda.Padahal milih terbang pagi supaya bisa cepat sampai," ujar seorang penumpang yang Wartawan Analisa, Rizal Surya, di Jakarta, Kamis.

Penumpang lain warga Surabaya yang baru pulang Umroh dengan transit di Kualanamu dan meneruskan ke Surabaya,  Sukinah mengaku lelah karena harus  berhenti di Jakarta lagi.

"Cape dan stres juga, tapi dari pada bahaya, yah bagus begini (berhenti) di Jakarta," katanya.

Hingga pukul 13.00 WIB, belum ada pengumuman kapan pesawat terbang ke Surabaya.

"Kami masih menunggu informasi untuk bisa terbang.Sabar ya bu," ujar seorang petugas di ruang tunggu Terminal Keberangkatan Bandara Soekarno -  Hatta.
 
Legal and Communications Section Head PT Angkasa Pura I Juanda Yuristo, sebelumnya di Surabaya, mengakui ada kerusakan di dekat "Touchdown Runway 10" sehingga bandara ditutup sementara. 

Dia menyebutkan, informasi kerusakan awalnya diperoleh dari Pilot Batik Air ID 6391 SUB-CGK kepada Tower pada pukul 08.40 WIB.

Sesuai prosedur pukul 09.15 WIB diterbitkan NOTAM A0539/19 NOTAMN runway Bandara Juanda ditutup hingga pukul 12.00 WIB.
      

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019