Medan (Antaranews Sumut) - Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara masa bakti 2019-2024 terbentuk. 

Terbentuknya Mappilu PWI Sumut ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) PWI Sumut Nomor: 635/PW-SU/I/2019.

SK itu menetapkan Zulkifli Harahap dari Harian Waspada sebagai ketua, Guslianda Ritonga dari Harian Andalas sebagai sekretaris dan H. Agus S Lubis dari Harian Realitas sebagai bendahara. 

Adapun anggota Mappilu PWI Sumut diantaranya, Ronggur Raja Doli Simorangkir dari Harian Waspada, Amru Lubis dari Harian Analisa, Rahmat Utomo dari Kumparan.com, Rido Adeward Sitompul dari Harian SIB, Andika Syahputra dari Harian Medan Bisnis, Prans WH Hasibuan dari Harian Sumut Pos, Ahmad Fuad Siregar dari Harian Andalas dan Irsan Mulyadi dari LKBN ANTARA.

Hermansjah selaku Ketua PWI Sumut yang juga penanggung jawab Mappilu PWI Sumut mengatakan, Mappilu PWI ini dibentuk berdasarkan perintah dari PWI Pusat agar PWI di tiap provinsi membentuk Mappilu untuk mengawasi jalannya pemilu di setiap daerah. 

Hermansjah menilai, PWI berkepentingan untuk menjaga dan mengawal jalannya pemilu agar sesuai dengan aturan, damai dan berjalan tanpa adanya kecurangan.  

Menurut dia, nantinya Mappilu ini juga akan dibentuk di tiap kabupaten/kota, agar pengawasan pemilu yang dilakukan PWI dapat berjalan massif dan menyeluruh. 

Hermansjah mengatakan, nantinya setiap laporan pengawasan ini akan disampaikan secara simultan ke PWI Pusat. Hal ini dilakukan untuk melakukan pemetaan di tiap daerah, dimana saja titik kerawanan penyelengaraan pemilu itu terjadi.

"Jadi PWI serius untuk melakukan pemantauan," tandasnya. 

Zulkifli Harahap, Ketua Mappilu PWI Sumut mengatakan bahwa program kerja Mappilu PWI Sumut akan segera disusun, sembari melakukan audiensi ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumut dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut.

Menurut Zul Harahap, Sumut tergolong daerah rawan konflik pemilu, mengingat besarnya arus dukungan di masyarakat yang terbelah pada pasangan calon presiden.

"Dalam waktu dekat kami akan juga roadshow ke berbagai daerah untuk membentuk Mappilu PWI di kabupaten/kota agar kerja kerja pengawasan PWI di pemilu berjalan dengan baik," tandasnya. 

Pewarta: Irsan Mulyadi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019