Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan menggelar  bimbingan teknis (Bimtek) kepada relawan demokrasi Kota Padangsidimpun tahun 2019.

Ketua KPU Padangsidimpuan Tagor Dumaro Lubis, Senin di Padangsidimpuan, mengatakan, sebanyak 55 orang Relawan Demokrasi mendapat bimtek yang tujuannya untuk pembekalan tugas dan fungsinya sebagai relawan, dimana sebelumnya mereka sudah terpilih berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan.

Dalam hal ini Ketua KPU kota Padangsidimpuan Tagor Dumora Lubis juga menambahkan para relawan ini nantinya bertugas untuk meningkatkan partisipasi pemilih juga meningkatkan  kepercayaan publik terhadap proses demokrasi. 

Tahun 2019 ini ada lima jenis surat suara yang akan dicoblos yakni pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, calon anggota DPR-RI, calon anggota DPD RI, calon anggota DPRD Provinsi dan calon anggota DPRD kabupaten atau kota, dan relawan demokrasi dapat mensosialisasikan hal tersebut.

Lebih lanjut Tagor mengungkapkan kedepannya nanti para Relawan Demokrasi ini akan bertugas ke wilayah kecamatan se-kota Padangsidimpuan, guna mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya berpartisipasi dalam pemilu 2019.

"Relawan Demokrasi juga berperan serta menjelaskan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi dimana nantinya mereka akan bertugas, tujuannya melakukan sosialisasi tentang kepemiluan kepada 10 basis pemilih yaitu : keluarga, pemilih pemuda, pemilih pemula, pemiluh perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marjinal, komunitas, keagamaan dan warga iternet, katanya.

Ia berharap melalui relawan demokrasi ini nantinya bisa meningkatan kualitas proses pemilu, peningkatan partisipasi pemilih, peningkatan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi, dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokratisasi.

"Hal ini juga seiring dengan tujuan dari pembentukan relawan demokrasi ini," , pungkasnya
 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019