Medan (Antaranews Sumut) - Bank Sumut optimistis kinerja bank itu lebih baik dengan adanya tambahan penyertaan modal yang disetujui DPRD Sumut sebesar Rp783,844 miliar untuk lima tahun.
     
Direktur Pemasaran PT Bank Sumut, Abdi Santosa Ritonga, di Medan, Selasa, mengatakan, dengan adanya tambahan penyertaan modal, maka Bank Sumut akan lebih leluasa dalam menjalankan bisnisnya termasuk kuat menghadapi persaingan bank
    
Dia mengatakan itu pada acara Diskusi Publik "Mengoptimalisasi Penyertaan Modal Daerah Kepada PT Bank Sumut Dalam Memajukan Perekonomian Rakyat Sumatera Utara" yang digelar Forum Jurnalis Peduli Bank Sumut.
    
Acara yang dibuka Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman menghadirkan nara sumber anggota DPRD Sumut Hanafiah Harahap, Kabid Perencanaan Divisi Perencanaan PT Bank Sumut Edi Riswan dan pengamat ekonomi Gunawan Benjamin.
    
Abdi Santosa Ritonga menyebutkan,  dalam kinerjanya, Bank Sumut tidak hanya mengejar kenaikan laba, tetapi juga berupaya memberi kontribusi besar seperti menyalurkan Coorporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat dan lingkungan di Sumut.
     
"Tumbuh kembang Bank Sumut tidak terlepas dari kontribusi masyarakat," ujarnya.
    
Kabid Perencanaan Divisi Perencanaan PT Bank Sumut Edi Riswan menjelaskan, dari Rp783, 844 miliar total penyertaan modal yang disetujui DPRD Sumut,  untuk di 2019 sebesar sebesar Rp283,844 miliar.
    
Menurut Edi, tambahan modal itu antara lain digunakan untuk meningkatkan ekspansi penyaluran kredit/pembiayaan, membuka jaringan kantor dan lainnya yang semuanya untuk meningkatkan layanan kepada masayarakat.
    
Saat ini kinerja Bank Sumut terus mengalami peningkatan seperti aset yang bertambah besar.
     
Aset Bank Sumut di tahun 2018 sudah sebesar Rp28,109 triliun dan tahun 2019 ditargetkan naik 22,8  persen atau menjadi Rp34,506 triliun.
     
Ketua DPRD Sumut, Wagirin Arman  dalam sambutannya menegaskan, DPRD Sumut menyetujui penambahan penyertaan modal untuk semakin memajukan Bank Sumut.
    
"Jangan berfikir ada sesuatu saat pengesahan Perda Penambahan Modal Untuk Bank Sumut.DPRD Sumut sebelum menyetujui sudah benar - benar memikirkan dan meminta Pemprov Sumut serius mengurus Bank Sumut," katanya.
     
Dengan semakin majunya Bank Pembangunan Daerah Atau BPD Sumut itu, maka diharapkan semakin.memberi kontribusi besar kepada masyarakat.
     
Anggota DPRD Sumut, Hanafiah Harahap mengatakan,  Pemprov Sumut dinilai belum terlalu  serius dalam memperhatikan/mengelola Bank Sumut karena perkembangannya dinilai belum maksimal dibandingkan potensinya yang besar.
     
Oleh.karena itu, katanya, DPRD Sumut mendesak Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk melakukan langkah-langkah untuk semakin memajukan Bank Sumut.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019