Binjai (Antaranews Sumut) -  Wali kota Binjai, Sumatera Utara, Muhammad Idaham, menyampaikan sangat mendukung berbagai kegiatan keagamaan, etnis dan lainnya, yang bersifat positif. Salah satu diantaranya perayaan Maha Puja Thaipusam yang setiap tahun dilaksanakan.

Hal itu disampaikan Wali jkota Binjai Muhammad Idaham, di Binjai, Rabu.

"Kita pantas berbangga dengan kota kita, karena saat ini Binjai telah berhasil meraih 10 kota besar yang sangat toleran di Indonesia. Melalui perayaan Maha Puja Thaipusam ini telah kita buktikan bahwa masyarakat Binjai memiliki nilai toleransi umat beragama yang tinggi. Tidak ada perbedaan, kita hadir bersama untuk memberikan semangat dan dukungan kepada etnis Tamil," ujarnya. 

"Sudah delapan tahun memimpin kota ini, dirinya bangga kepada Kota Binjai. Perayaan ini menjadi salah satu perekat kita, semoga perayaan ini menjadi motivasi agar kita selalu memperbaiki diri, meninggalkan kejahatan dan meneruskan kebaikan," sambungnya. 

Idaham mengakatakan ini sudah ke sembelilan kali dirinya menghadiri perayaan Maha Puja Thaipusam, Ia punya waktu dua kali lagi menghadiri perayaan ini, semoga kota ini semakin baik, sejahtera, dan menjadi kota idaman kita semua.

Ketua Panitia perayaan Maha Puja Thaipusam Nehru Pillay mengapresiasi atas kehadiran Wali kota, tokoh masyarakat, tokoh etnis dan masyarakat yang hadir menyaksikan perayaan Thaipusam. 

Makna simbolis dari perayaan Thaipusam adalah sebagai hari kemenangan melawan kejahatan. Perayaan Thaipusam yang digelar di Kota Binjai merupakan bentuk perayaan etnis terbesar di Sumatera Utara, yang dilaksanakan di kuil yang tertua di Sumut. 

Thaipusam adalah peristiwa yang sangat penting bagi seluruh umat Hindu, oleh karena itu ritual ini memiliki akar pada kebudayaan Hindu Tamil yang dirayakan dan diaktualisasikan dalam kehidupan masyarakat Hindu Tamil dimana saja berada termasuk di Kota Binjai.
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019