Aekkanopan (Antaranews Sumut) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Labuhanbatu Utara membuka peluang bagi 55 relawan demokrasi (relasi). Pendaftaran dimulai pada 12 Januari dan berakhir pada 16 Januari mendatang.

Hingga dua hari masa pendaftaran, belum seorang pun yang mendaftarkan diri sebagai Relasi di sekretriat KPU Labura. Hal itu dikatakan Ketua KPU Labura Heriamsyah Simanjuntak SHI kepada Antara, Minggu.

“Hingga hari ini, belum seorang pun yang mendaftarkan diri menjadi relawan demokrasi ke KPU Labura. Namun masih ada tiga hari lagi,” katanya yang ditemui di Masjid Raya Al Aman Aekkanopan.

Secara umum ia menyebutkan, untuk menjadi relawan tidak dibatasi usia. Kecuali untuk katagori relasi basis pemilih pemula. Usianya minimal 17 tahun dan maksimal 25 tahun. “Kalau yang lainnya bebas,” sebutnya.

Adapun basis yang membutuhkan relasi tersebut adalah basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan bais relawan demokrasi.

“Untuk masing-masing basis dibutuhkan 5 relawan. Pendidikan relawan minimal SMA sederajat, berdomisili di Labura serta terdaftar sebagai pemilih pada Pemilu 2019,” katanya menyebut sejumlah persyaratan.

Bagi yang berminat, ia mengatakan dapat menanyakan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) maupun KPU. “Untuk lebih rinci, bagi peminat bisa datang ke PPK atau KPU untuk mendapatkan informasi lebih rinci,” pungkasnya.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019