Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Sepuluh unit puskesmas di Labuhanbatu Utara yang dibangun dengan dana puluhan miliar rupiah diresmikan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Jumat (11/1).

Peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, dipusatkan di Puskesmas Guntingsaga, Kecamatan Kualuhselatan.

Gubsu Edy Rahmayadi melihat peralatan laboratorium yang tersedia di Puskemas Guntingsaga Kecamatan Kualuhselatan usai diresmikannya, Jumat (11/1). (Foto Antara/Sukardi)

Puskesmas yang diresmikan masing-masing Puskesmas Guntingsaga (Kecamatan Kualuhselatan), Puskesmas Sukaramai (Kualuhhulu), Puskesmas Kampungmasjid (Kualuhhilir), Puskesmas Marbau (Marbau), Puskesmas Tanjungleidong (Kualuhleidong), Puskesmas Bandardurian (Aeknatas), Puskesmas Aekkorsik (Aekkuo), Puskesmas Aekkota Batu (NA IX-X), dan Puskesmas Simangalam (Kualuhselatan).

Dalam sambutannya Gubsu mengharapkan agar keberadaaan puskesmas itu dapat membantu masyarakat yang ingin berobat.

“Jangan masuk puskesmas, malah keluarnya dengan ambulans,” tuturnya dalam acara yang dihadiri antara lain Sekdaprov Dr Hj Sabrina, sejumlah OPD Pemprovsu, Bupati Labura H Kharuddin Syah, Wabup Labura Dwi Prantara, Kadis Kesehatan Dr Hj Saodah, Kadis Pertanian Suryaman Munthe dan Kadis Kominfo Sugeng.

Kepada dokter yang bertugas di puskemas, Gubsu meminta agar dapat menjalankan tugas dengan baik. “Jangan saat ada gubernur dan bupati ada di tempat, tapi setelah tak ada dokter pun entah kemana,” ujarnya pada acara yang juga dihadiri ratusan perawat, bidan dan undangan itu.

Diakuinya, masalah kesehatan merupakan salah satu prioritas program pemerintahannya. Karena itu, ia merasa senang dapat meresmikan puskesmas tersebut. “Inilah enaknya jadi gubernur. Tidak membangun, tapi meresmikan puskesmas,” katanya yang pada saat memberikan sambutan didampingi para dokter yang bertugas di Puskesmas Guntingasaga.


Foto 10 puskesmas berbiaya puluhan miliar yang diresmikan Gubsu Edy Rahmayadi dalam acara yang dipusatkan di Puskesmas Guntingsaga Kecamatan Kualuhselatan, Jumat (11/1). (Antara Sumut/Sukardi)


Usai menandatangani prasasti, Gubsu didampingi bupati dan pejabat lainnya meninjau lokasi Puskesmas Guntingsaga yang dibangun dua lantai tersebut.

Pada kesempatan itu, Kepala Puskesmas Guntingsaga dr Hj Tunisa Raudah MKes turut mendampingi serta menjelaskan tentang instansi yang dipimpinnya kepada Gubsu.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019