Batubara (Antaranews Sumut) - Wakil Bupati Batubara Oky Iqbal Frima didampingi Kepala Dinas tenaga kerja Erwin SE dan Camat Sei Suka Adil Hasibuan menghadiri acara bakti sosial sunatan massal di Sei Suka.

Dalam kesmepatan itu Oky memberikan semangat kepada anak laki-laki dari keluarga kurang mampu dan membutuhkan yang mengikuti sunatan massal tersebut.

Ia mengungkapkan khitanan massal secara gratis dimaksudkan sebagai upaya kerja nyata pemerintah daerah dalam mewujudkan visi Kabupaten Batu Bara yang salah satunya mensejahterakan masyarakat. 

Berkhitan merupakan salah satu bagian dari syariat Islam yang wajib dilakukan kaum laki-laki memasuki usia remaja. 

"Dari pandangan agama, fungsi khitan adalah untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik, sehingga dalam melaksanakan ibadah menjadi lebih baik," katanya.

Sedangkan dari pandangan medis, bahwa khitan mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat sembunyinya kotoran, virus, bakteri dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan kaum laki-laki. 

"Saya mengharapkan melalui bakti sosial pelayanan sunatan massal akan memberikan dampak positif bagi kesehatan masyarakat, baik dari segi agama maupun dari segi kesehatan. Bakti sosial khitanan massal seperti ini sebagai bentuk perhatian dari Pemkab Batu Bara terhadap masyarakat, terutama masyarakat kurang mampu dan yang membutuhkan," katanya.
 

Pewarta: Suhaimi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019