Panyabungan (Antaranews Sumut) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menabur bibit ikan nila unggul di lubuk larangan Banjar Sehat Kelurahan Panyabungan II, Kabupaten Mandailing Natal, Jumat (21/12).

Sebanyak 20 ribu bibit ikan Nila unggulan yang ditabur di irigasi Batang Gadis Lintas Timur Panyabungan ini merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. 

Dalam penaburan bibit tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Mandailing Natal, Drs.H.Dahlan Hasan Nasution, Sekda, Dandim 0212/TS, pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi dan Daerah, tokoh masyarakat, agama dan ratusan masyarakat Kelurahan Panyabungan II. 

Baca juga: Pemkab Madina terima penghargaan APE dari Kementerian PPPA

Gubernur pada kesempatan tersebut meminta agar sepanjang irigasi yang berada dilintas timur Panyabungan tersebut harus bebas dari jamban liar. 

"Saya minta daerah sepanjang irigasi ini agar bersih dari jamban agar masyarakat disini sehat," ujarnya. 

Gubsu menyebutkan, banyaknya jamban pada aliran saluran irigasi tersebut dapat menyebabkan  warga menjadi Stunting karena aliran sungai yang dipakai masyarakat pada saluran itu telah kotor dan dipenuhi penyakit. 

Baca juga: Disduk Capil Madina musnahkan 6.100 KTP Invalid

Pada kesempatan itu Gubsu menyampaikan untuk kedepan di Kabupaten Mandailing Natal akan dirinya akan memprogramkan beberapa program yakni program kesehatan, pendidikan, pertanian dan kelautan. 

Sementara itu, salah satu warga masyarakat Panyabungan II, Ustadz Martua, menyampaikan, kunjungan Gubsu ke Panyabungan II ini merupakan kehormatan bagi masyraakat yang ada dilingkungan tersebut. 

"Semoga kedepan perbaikan-perbaikan disumut menjadi lebih baik daripada sebelumnya," harapnya. 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018