Medan (Antaranews Sumut) - Perkembangan teknologi yang begitu cepat dan penuh daya saing membuat inovasi menjadi syarat utama untuk terus menciptakan produk-produk baru ataupun meningkatkan hasil dari produk-produk yang sudah ada sebelumnya. 

"Inovasi ini diperlukan untuk memajukan suatu wilayah agar mampu bersaing dengan wilayah lain," kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Medan, Marasutan, M.Pd pada kegiatan Pemaparan Hasil Inovasi dan Pemberian Penghargaan dan Hadiah Kegiatan Koordinasi SIDa (Sistem Inovasi Daerah) Kota Medan.

Ia mengatakan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) perlu dikuatkan agar dapat menciptakan iklim kebijakan yang kondusif dalam aktivitas penelitian, pengembangan dan perekayasaan, sehingga pada akhirnya akan dapat memberikan manfaat nyata dalan pembangunan Kota Medan.

Oleh karena itu, penyelenggaraan kegiatan koordinasi dan penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) ini merupakan salah satu upaya positif yang perlu ditumbuhkembangkan untuk memperkuat sistem inovasi dalam bidang pendidikan, lembaga penunjang inovasi, dunia usaha dan masyarakat serta inovasi-inovasi yang dilakukan oleh institusi pemerintah," katanya.

Sementara Kabid Pemerintahan dan Inovasi Balitbang Kota Medan, Drs. Halim, mengatakan, Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa) merupakan keseluruhan proses dalam satu sistem untuk menumbuh kembangkan inovasi yang dilakukan antar institusi pemerintah.

"Penguatan sistem inovasi merupakan sehimpunan kebijakan yang ditujukan untuk memperkuat sistem inovasi, kebijakan yang mempengaruhi kemajuan-kemajuan teknis dan bentuk inovasi lainnya. Dan menjadi gerakan ekonomi, sosial, budaya, dan politik," katanya.
 

Pewarta: Munawar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018