Binjai (Antaranews Sumut) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai, Sumatera Utara, menyatakan kesiapannya untuk mensukseskan dan melaksanakan pemilu pilpres dan pileg 2019. 

Hal itu disampaikan Komisioner Komisi Pemilihan Umum Binjai Devisi Pertasipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Robby Effendi, di Binjai, Jumat.

Robby menjelaskan berbagai langkah untuk mensukseskan itu sudah dilakukan KPU Binjai, diantaranya validasi surat suara, validasi surat suara untuk caleg dimana 386 caleg yang sudah divalidasi.

"KPU Binjai juga sudah menggelar lima gelombang kursus kepemiluan dari Oktober-Desember 2018, menggelar KPU Goes to Campus ada enam yang dilakukan, termasuk segmen pemilih perempuan, pemula dan disabilitas," katanya.

Juga sudah dilakukan sosialisasi ke forum warga berbasis keluarga, ormas, OKP, dan juga media massa.

Sementara untuk kesiapan logistik pemilu, KPU sudah menerima kotak suara, bilik suara, segel dan tinta dari KPU RI, diantaranya sebanyak 3.627 kotak suara namun masih ada kekurangan 18 kotak suara.

Untuk bilik suara sudah diterima sebanyak 2.620 namun amsih terdapat kekurangan sebanyak 232 bilik suara, 1.352 kotak tinta namun masih terdapat kekurangan 74 kotak, segel sebanyak 70.514.

"Semua kekurangan yang ada itu sudah dilaporkan kepada KPU RI, untuk segera dikirimkan kepada KPU Binjai," ujarnya.

KPU Binjai sudah juga menetapkan jumlah pemilih yang akan mempergunakan hak pilihnya yaitu 190.946 pemilih dengan jumlah 713 TPS, dengan rincian Kecamatan Binjai Utara 57.432 pemilih.

Sementara untuk Kecamatan Binjai Timur sebanyak 38.464 pemilih, Kecamatan Binjai Selatan sebanyak 37.739 pemilih, Kecamatan Binjai Barat sebanyak 34.522 pemilih dan Kecamatan Binjai Kota sebanyak 22.789 pemilih, katanya.  

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018