Jakarta (Antaranews Sumut) - Tekad Polri dan TNI untuk menindak tegas kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang membunuh 31 pekerja proyek jembatan dan seorang TNI di Kabupaten Nduga, Papua, mendapat dukungan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi).

"Kita dukung Polri dan TNI melakukan tindakan tegas dan kita harapkan segera menangkap pelaku KKB yg mengacau," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan di Jakarta, Rabu malam.

Dia mengatakan negara tidak boleh kalah dengan kelompok kriminal bersenjata.

Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (kompolnas) mendukung tindakan Kapolri dan Panglima TNI yang saat ini sudah menyebar pasukan untuk mengendalikan situasi keamanan Papua dan melakukan tindakan hukum.      

"Kami yakin Polri dan TNI akan segera menangkap pelaku KKB yang sudah menewaskan karyawan dan aparat yang tak berdosa. Dengan tindakan cepat Polri dan TNI kita harapkan situasi di sana akan kembali kondusif," katanya.

Para pekerja dari PT Istaka Karya selaku kontraktor proyek dibunuh saat membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak di jalur Trans Papua, Nduga.

Selain itu, tiga pekerja yang lolos dari upaya pembunuhan telah ditemukan aparat keamanan dan telah dirawat RSUD Wamena.

Personel gabungan TNI-Polri juga sudah dikirim ke Nduga untuk mengevakuasi puluhan jenazah.

Menurut Edi Saputra, pembangunan jalan Trans Papua melewati medan yang sangat sulit dan berat serta membutuhkan jaminan keamanan.     

"Mari kita dukung kerja keras pemerintah yang menginginkan pemerataaan pembangunan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Papua," kata pakar kepolisian ini.

Pewarta: Santoso

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018