Tanjungbalai (Antaranews Sumut) - Wali Kota Tanjungbalai H. Muhammad Syahrial mengajak semua pihak terlibat untuk menyukseskan Hari Jadi ke-397 yang dikemas dalam kegiatan "Pesta Kerang" pada 27 hingga 31 Desember 2018.

Ajakan tersebut diungkapkan wali kota di sela-sela kegiatan meninjau pematangan lahan di Jalan Pahlawan (Depan Satdion Asahan Sakti) Kelurahan Pantai Burung yang akan dijadikan lokasi Pesta Kerang tersebut, Senin (3/12).

Menurut wali kota, areal atau lokasi itu merupakan milik pihak ketiga yang secara suka rela meminjamkan untuk kepentingan publik, termasuk penimbunan lahan dilakukan tanpa imbalan apapun.

"Ini (pemakaian dan penimbunan) adalah partisifasi pemilik lahan untuk menyukseskan agenda tahunan pemerintah daerah, yakni Pesta Kerang 2018 dalam rangka Hari Jadi Kota Tanjungbalai ke-397," ujar Syahrial.

Menurut Muhammad Syahrial, Pesta Kerang milik seluruh masyarakat Tanjungbalai yang semestinya mendapat dukungan dari semua kalangan, termasuk aktivis mahasiswa maupun penggiat sosial masyarakat.

Terkait dengan beredarnya isu miring serta dugaan alokasi anggaran pematangan lahan tidak transparan dan tertutup, wali kota menepis dan menegaskan bahwa anggarannya tidak menggunakan dana APBD.

"Dugaan menggunakan anggaran siluman saya pikir itu keliru. Sebaiknya kita berpikir positif dan turut mendukung bahwa pesta kerang ini merupakan kebanggaan daerah dan dinantikan seluruh warga kota dalam memperingati hari jadi Tanjungbalai," ungkap Syahrial.

Sebelumnya, aktivis peduli Kota Tanjungbalai Nazmi Hidayat Sinaga, Syafrizal Manurung dan Andrian Sulin mengaku kecewa dan memprotes Pemkot Tanjungbalai atas pinjam pakai lahan pihak ketiga karena terindikasi cacat hukum.

Menurut mereka, lahan pihak ketiga yang di pinjam untuk dijadikan sebagai lokasi Pesta Kerang dimaksud tidak jelas anggarannya. Proses administrasi mulai dari MoU peminjaman, alokasi pembersihan dan pematangan lahan tidak transparan alias siluman.

Ketiga aktivis tersebut sempat berusaha memblokade areal tersebut dengan membentangkan spanduk bertuliskan "Stop pemborosan anggaran persiapan lokasi pesta kerang dilokasi pihak ke III karena diduga kuat menggunakan dana siluman Pemko Tanjungbalai. Pak Wali jangan hamburkan uang rakyat".

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018