Medan (Antaranews Sumut) - RailClinic atau kereta api layanan kesehatan PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara sudah melayani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis sekitar 1.200 orang warga yang berada di sekitar rel kereta api daerah itu.
     
"Antusias masyarakat memanfatkan layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis RailClinik sangat tinggi.Layanan terakhir atau keenam di Belawan,"ujar Deputi Vice President PT KAI Sumut, Edwin Permana di Medan, Kamis.

Edwin yang mewakili Vice Presiden PT Kereta Api Divre I Sumut Rusi Haryono, mengatakan itu usai pelaksanaan Bakti Sosial Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis RailClinic di Stasiun Kereta Api Belawan yang diikuti 200 warga.

Bakti sosial RailClinic di Belawan merupakan yang keenam dan terakhir dilakukan pada 2018.

Menurut dia, hitungan sekitar 1.200 warga itu berasal dari enam kali bakti sosial yang dilakukan RailClinic sepanjang 2018.

Rata - rata warga yang memeriksakan kesehatan dan berobat pada setiap kali RailClinic melakukan bakti sosial sekitar 200 dari target 150 orang.

"Jumlah warga yang memanfaatkan layanan RailClinic selalu di atas sasaran warga yang dilayani,"katanya.

Manager Kesehatan PT KAI Divre I Sumut, Agus Widodo, menyebutkan kegiatan bakti sosial diikuti kegiatan sosialisasi menggosok gigi dan cuci tangan  siswa-siswi sekolah dasar dan pembagian kaca mata gratis.

Agus Widodo didamoingi Manager Humas KAI Sumut, M Ilud Siregar menyebutkan,  PT KAI Divre I Sumut terus memperkenalkan layanan RailClinic yang merupakan wujud nyata kepedulian sosial KAI lewat dana CSR perusahaan.

RailClinic melayani pelayanan kesehatan dokter umum, kesehatan gigi, kebidanan dan pemeriksaan mata, laboratorium serta farmasi.

Dia menyebutkan, dari hasil layanan RailClinic di Sumut,warga banyak mengeluhkan dan didapati penyakit  asam urat, gula dan kekurangan vitamin.

"Syukur RailClinic ada di Sumut karena secara nasional hanya empat yakni di Jawa, Palembang dan Tanjung Karang,"katanya.

Pasien RailClinic, Suraimah warga Belawan mengaku sangat bersyukur ada layanan RailClinic.

"Selain gratis, layanan cukup bagus kog.Layanan cepat dan dokternya ramah walau gratis,"ujar Suraimah yang mengeluhkan sakit di kedua kaki dan perut suka sakit.

Dia berharap, layanan RailClinic bisa dilakukan lebih sering atau beberapa kali setahun.
     

      


 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018