Karo (Antaranews Sumut)-Indonesian Hotel General Manager Association siap mendukung dan memajukan pariwisata Sumatera Utara sehingga kunjungan wisatawan ke daerah itu dapat terus meningkat dari tahun ke tahun.
     
Ketua Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Karo, Sumatera Utara, Dedi Nelson di Karo, Kamis, mengatakan, tantangan pariwisata kedepanya sangat berat dan untuk itu tentunya dibutuhkan kerja sama semua pihak terutama pemangku kepentingan.

Bukan hanya pemerintah, namun juga masyarakat, pelaku pariwisata dan juga swasta harus berjalan seiring, dalam upaya membenahi berbagai hal terkait pariwisata sehingga dapat semakin menarik wisatawan asing untuk datang menghabiskan masa liburannya di tanah air.

"Kita harus kuat dalam segala hal termasuk peranan pemerintah agar tetap fokus dalam pengembangan demi peningkatan arus wisatawan terutama ke Sumatera Utara. Intinya IHGM siap memajukan pariwisata di Sumatera Utara," kata Dedi Nelson yang juga General Manager Hotel Internasional Sibayak Berastagi.

Baru-baru ini telah digelar pelantikan pengurus IHGMA Kabupaten Karo, Deliserdang, Tebing Tinggi, Pematang Siantar dan Simalungun di Medan yang dirangkai dengan rapat kerja dalam upaya menyatukan visi dan misi demi memajukan pariwisata di Sumatera Utara.

"Raker itu juga merupakan evaluasi dan harapan agar General Manager di Sumatera Utara dapat bersaing dalam  era globalisasi di bidang tehnologi digital," katanya.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Utara Deny S.Wardana mengatakan dalam meningkatkan  daya saing di era globalisai saat ini, semua pelaku pariwisata harus kompak dan bersinergi.

Semua pihak harus mampu meningkatkan pelayanan serta peningkatan kemampuan SDM terutama dalam dunia perhotelan sebagai ujung tombak pelayanan terhadap wisatawan.

"Kita tidak akan bisa maju dan berkembang dengan cepat kalau kita tidak memperhatikan SDM di bidang perhotelan dan dalam persaingan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean," katanya.



 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018