Aekkanopan (Antaranews Sumut) - Dua pemuda Labuhanbatu Utara mencatatkan prestasi. Abdul Ghoni Munthe, pemuda asal Desa Kualabangka, Kecamatan Kualuhhilir berhasil mengkhatamkan hafalan Al Quran 30 juz, sedangkan rekannya Afrizal Akbar juga berhasil masuk ke Universitas Al Azhar di Kairo, Mesir.


H Panji Pandu Siregar, Lc saat memberikan bimbingan kepada Afrizal Akbar (berdiri baju putih) yang akan kuliah ke Universitas Al Azhar Mesir pada acara yang dilaksanakan di Masjid Raya Al Aman Aekkanopan, Selasa (20/11) malam. (Antaranews Sumut/Sukardi)

 

Berita menggembirakan yang diraih dua santri Pesantrren Tahfiz Azhar Center tersebut teruangkat pada sebuah kegiatan di Masjid Raya Al Aman Aekkanopan. Afrizal Akbar sendiri telah lebih dahulu mengkhatamkan hafalan 30 juznya.

Ketua Yayasan Azhar Center HM Ifdarsyam Ritonga Lc MHI pada acara yang dihadiri sejumlah pejabat di jajaran Pemkab Labura itu menyebutkan, penghaafal Al Quran merupakan manusia pilihan. Karenanya, ia mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk menghidupkan Al Quran dalam keluarga dan kehidupan sehari-hari.

Kepada Abdul Ghoni yang merupakan santri ke-11 yang khatam hafal 30 Juz dari yayasan yang dikelolanya, Ifdarsyam mengingatkan agar belajar Al Quran tidak berhenti sampai menghafal saja. “Fahami dan amalkan apa yang ada dalam Al Quran,” katanya dalam acara yang juga dihadiri ibu dari Abd Ghoni.

Sedangkan Afrizal Akbar, menurut Ifdarsyam lulus ujian yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. “Afrizal Akbar masuk dalam urutan 24 dari seluruh peserta ujian se-Indonesia,” terangnya.

Sebenanya, jika menunggu setahun lagi Afrizal bisa mendapat beasiswa. Tapi karena sudah setahun menganggur, dan jika ditunda lagi, maka dirasa rugi. Akhirnya, ditetapkan Afrizal Akbar akan berangkat ke Al Azhar tahun ini.

Turut memberikan tausiah pada acara itu mewakili Yayasan Azhar Center Ustadz H Panji Pandu Siregar Lc. Pada kesempatan itu, ia lebih banyak memberikan pengarahan kepada Afrizal yang akan menuntut ilmu ke negeri para nabi tersebut.

“Belajarlah dengan baik. Mudah-mudahan nanti bisa menjadi ulama besar dan mengharumkan nama Labura,” ujar alumni Pesantren Modern Daar al Ulum Kisaran tersebut dalama acara proses khataman dan tasyakuran itu.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018