Medan (Antaranews Sumut) - Togu Simorangkir, pendiri Yayasan Alusi Tao Toba akan berjalan kaki sejauh 305,65 kilometer mengelilingi Danau Toba di tujuh kabupaten. 

Aksi gila Togu itu bertujuan untuk menggalang dana operasional bagi delapan sopo belajar (rumah belajar), dua kapal belajar, dan tiga kreta baca (sepeda motor) yang dikelola oleh Yayasan Alusi Tao Toba. 

Aksi jalan kaki ini dilakukan untuk penggalangan dana bagi biaya operasional dua kapal belajar, delapan sopo belajar (rumah belajar), dan tiga kreta baca yang dikelola oleh Yayasan Alusi Tao Toba. 

Semua upaya membawa buku-buku bacaan berkualitas kepada anak-anak Indonesia di Danau Toba ini disebut sebagai Gerakan Tao Toba Membaca. 

Seperti yang dipaparkan oleh Togu Simorangkir dalam Upacara Pembukaan JK 305, 65K yang diselenggarakan di Pantai Bebas Parapat.

"Aksi ini juga untuk menggugah banyak orang ikut terlibat memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak Indonesia di Danau Toba," kata Togu.
 
Aksi penggalangan dana ini akan dilakukan selama beberapa hari (19-26/11) dengan rute Parapat – Silimbat – Porsea – Balige – Siborong-borong – Dolok Sanggul – Simpang Tele – Panji – Sumbul – Merek – Saribu Dolok – Tiga Runggu – Tanjung Dolok – Parapat dengan perhitungan jarak: 
 
1.    Merek - Bts. Karo/ Dairi ( 14,06 km) - Panji ( 29,81 km) -  Bts.Dairi/Samosir ( 29,38 km)
2.    Bts.Dairi /Samosir - Dolok Sanggul ( 49,41 km) - Siborong Borong ( 28,48 km) 
3.    Merek - Saribu Dolok ( 11,25 km) - Tanjung Dolok ( 57, 24 km) - Parapat ( 4,97 km )
4.    Parapat - Silimbat ( 45, 21 km) - Siborong Borong ( 35,84 km )
 
Setiap hari, selama perjalanan, akan ada aksi membagikan buku di beberapa desa yang dilalui. 

Jadi selain menggalang dana, aksi ini membawa buku-buku bacaan kepada anak-anak Indonesia yang belum tersentuh Gerakan Tao Toba Membaca serta mengkampanyekan ke wilayah yang dilalui agar mendirikan Sopo Belajar/Rumah Baca/Taman Baca/Perpustakaan Desa/Perpustakaan Bergerak.
 
Azas Rifai perwakilan dari  Literasi Nusantara (upaya mendukung para penggiat literasi dan mendorong kemajuan literasi di Indonesia yang digawangi oleh PT. Gramedia Pustaka Utama) mengatakan bahwa Gramedia selalu mendukung setiap usaha yang dilakukan oleh para penggiat literasi di tanah air. 

Selain akan mendorong kemajuan literasi di tanah air, setiap upaya para penggiat literasi seperti Bang Togu akan menjadi inspirasi,” kata Azas. Literasi Nusantara mendukung sepenuhnya aksi penggalangan dana JK 305,65 K yang dilakukan oleh Togu Simorangkir. 
 
Penggalangan dana dilakukan dengan mengajak setiap orang bedonasi untuk memastikan 8 Sopo Belajar, 2 Kapal Belajar, 3 Kreta Baca yang dikelola Alusi Tao Toba tetap memberikan manfaat kepada anak-anak Danau Toba. Target penggalangan dana yang diharapkan sebesar Rp. 305 juta. 
 
“Gerakan ini bukan gerakan perorangan, kamu dan teman-teman bisa bergandengan tangan ikut ambil bagian dalam aksi ini. Mari bersama-sama kita menjaga mimpi anak-anak Danau Toba memiliki akses terhadap buku bacaan,” kata Togu Simorangkir. 
 
Silahkan kirim dukungan kamu ke rekening Yayasan Alusi Tao Toba. (Alusi Tao Toba, BNI Pematang Siantar, 0619088463) atau ( Yayasan Alusi Tao Toba, Bank Mandiri KC Pematang Siantar, 107-00-0592909-8).  Bukti transfer dikirim ke WA 08116218212,” jelasnya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018