Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengatakan produk lokal Kota Padangsidimpuan menjadi unggulan dan awal promosi daerah khususnya Padangsidimpuan.

Dalam rapat koordinasi penetapan Produk Unggulan Daerah (PUD) Kota Padangsidimpuan Tahun 2018 Wali kota berharap menjadi media promosi daerah sehingga dapat dikenal luas keluar daerah, kata Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Kamis di Padangsidimpuan.

Kedepan agar pemangku kepentingan serius mengikuti program penetapan produk unggulan, sehingga kita tahu apa saja produk unggulan kita di Padangsidimpuan, tegas Irsan.

Kemudian saya juga berharap agar sektor Pariwisata dapat menjadikan produk unggulan daerah dalam memunculkan pariwisata di Padangsidimpuan, harapnya.

OPD dalam hal mewujudkan produk unggulan agar berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) agar program ini sinkron dengan data yang disuguhkan, sehingga kedepan tidak terbentur oleh persoalan data.

Dalam laporan Kaban Baperlitbang Pemkot Padangsidimpuan Ar. Marjoni, berkeinginan produk yang akan kita tetapkan akan menjadi masukan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyusun program tahun 2020 sebagai produk unggulan di Padangsidimpuan untuk diperkenalkan ke luar daerah.

Kemudian di tahun 2019 Dinas Perdagangan, untuk berupaya mengadakan Rumah Kemasan dengan menyewa suatu tempat dan memamerkan dan memperkenalkan produk-produk lokal yang dikemas dan siap pasar dengan memfasilitasi dan menggandeng UMKM, dan sepertinya sudah dianggarkan dan siap action, katanya.

Dalam sektor unggulan tahun 2017 lalu Industri meubel, pakaian jadi, dan lain-lain untuk segera ditingkatkan, sementara untuk sektor Pertanian ada salak, ubi kayu, dan beberapa jenis tanaman lainnya kedepan dapat meningkat guna menaikkan kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Asisten, Kadis, Kaban, Camat, Kabag se-Kota Padangsidimpuan, dan Narasumber dari Universitas Sumatera Utara, Lagut Sutandra, S.Sos, M, SP.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018