Taput (Antaranews Sumut) - Generasi Pesona Indonesia wilayah Kabupaten Tapanuli Utara menggelar gerakan peduli sampah dengan menyumbang tong sampah kepada sejumlah pengelola obyek wisata sebagai bentuk dukungan untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan.

Koordinator umum GenPi Taput, Benny Simanjuntak menyebutkan, penyerahan sumbangan tong sampah dimaksudkan sebagai langkah dalam menciptakan lingkungan yang bersih khususnya dalam pengelolaan kawasan wisata.

"Ini adalah langkah awal sejak GenPi Taput dideklarasikan. Sekecil apapun kita harus berbuat berpartisipasi untuk mendukung pengembangan pariwisata di daerah ini," sebutnya, Selasa.

Benny bersama sejumlah anggota komunitas menyambangi sejumlah obyek wisata dan memberikan tong sampah kepada pengelola obyek wisata, serta menyosialisasikan keberadaan GenPi sebagai komunitas pegiat pariwisata.

Diawali dari obyek wisata pemandian air soda Parbubu Tarutung, GenPi melanjutkan langkah menuju pemandian air panas Tandido di Hutabarat Tarutung, pemandian air panas Boli-boli Sipoholon, dan berakhir di kawasan wisata Salib Kasih Siatasbarita.

"Sisi kebersihan merupakan salah satu faktor yang menjadikan obyek wisata itu layak atau tidak untuk dikunjungi. Untuk itu, hal ini sangat kita tekankan," terang Benny.

Harapnya, komunitas pegiat pariwisata senantiasa mampu berperan aktif dalam upaya pengembangan pariwisata dengan tetap mengedepankan kebersihan lingkungan sebagai modal awal penyajian obyek kunjungan bagi wisatawan.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018