Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersinergi dalam penyebaran informasi sehingga dapat mewujudkan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan optimal.

Dia menegaskan, dalam hal penyebar luasan informasi yang kredibel, dipercaya dan dapat di pertanggungjawabkan dapat bersinergi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Padangsidimpuan. 

"Sinergitas kegiatan antar OPD sangat perlu dan penting, itu semua  dapat di akses di Dinas Komunikasi dan Informatika di lingkungan Pemerintah Kota Padangsidimpuan, dengan memaksimalkan Pejabat Pengelolah Informasi Data dimasing - masing OPD sehingga dapat di akses secara luas," kata Wali Kota di Padangsidimpuan, Selasa.

Sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan kinerja yang optimal dan akuntabel, serta transparan, harapnya.

Selain itu Irsan Efendi Nasution menambahkan,  Sinergi  tidak hanya terbatas pada OPD, melainkankan juga perlu ditingkatkan pada Sekretariat Daerah  dalam penyebaran informasi di era digital saat ini, 

Sementara  Kadis Kominfo Pemkot Padangsidimpuan Islahuddin Nasution, menerangkan sinergitas OPD di masing-masing dinas dapat memberikan manfaat secara cepat di era digital saat ini, mengingat Pejabat Pengelolah Informasi Data (PPID) di masing-masing OPD dapat memaksimalkan kinerjanya dalam penyebaran informasi.

Informasi yang cepat, akurat, transparan dan akuntabel, menurut dia sangat dibutuhkan oleh masyarakat serta kepala daerah.
 
Dia mencontohkan, dari sektor pertanian, informasi yang dibutuhkan adalah jumlah seluruh lahan pertanian, perkebunan dan daerah penghasil komiditi unggulan saat ini.

Tidak hanya disektor pertanian, menurut ia , di sektor infrastruktur juga dibutuhkan informasi seperti jumlah jalan nasional, provinsi hingga  Kota, serta banyak jumlah ruas jalan dan peningkatan mutu jalan.

Selain itu, ia menambahkan Dinas Pariwisata, dan dinas perdagangan dapat mempromosikan keunggulan daerah dari sektor pariwisata dan UMKM  serta kerajinan lokal daerah yang dapat dipasarkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi.

"Wali Kota Padangsidimpuan berkeinginan masing-masing OPD jangan ketinggalan informasi, gali sebanyak-banyaknya informasi dalam memperkenalkan Kota Padangsidimpuan yang berada di Provinsi Sumatera Utara dengan jarak tempuh 10 jam perjalanan darat dari ibu kota provinsi ke kanca nasional dan internasional sehingga dapar diakses masyarakat luas, " pungkas Islahuddin mantan pegawai Departemen Penerangan (Deppen) orde baru tersebut.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018