Medan (Antaranews Sumut) - Bank Indonesia meresmikan BI Corner ke -11 di Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumatera Utara untuk meningkatkan literasi soal keuangan atau perekonomian kepada masyarakat.

"BI Corner yang merupakan perpustakaan mini berisi buku tentang keuangan itu juga diharapkan ikut mendorong minat baca masyarakat di Sumut,"ujar Direktur Kantor Perwakilan BI Sumut, Andiwiana S di Medan, Senin.

Dia mengatakan itu usai meresmikan BI Corner ke-11 di Sumut atau ke-471 secara nasional.

Di BI Corner di Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut itu  ada sekitar 178 buku ekonomi dan keuangan yang disiapkan di BI.

"BI Corner diharapkan bisa dimanfaatkan mahasiswa atau masyarakat umum untuk. mengetahui mengenai perekonomian,"ujar Andiwiana S

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Sumut, Ferlin H Nainggolan menyebutkan, adanya BI Corner dipastikan sangat membantu.

"Menumbuhkan minat baca bukan hal mudah.Selain perlu sosialisasi juga memerlukan sarana dan prasarana termasuk buku - buku yang dibutuhkan,"katanya.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil survei Badab Pusat Statistik (BPS),  minat baca masyarakat Indonesia masih relatif rendah.

Secara waktu, lama  membaca masyarakat Indonesia hanya 30 hingga 90 menit per minggu.

Padahal berdasarkan UNESCO, lama waktu membaca yang efektif  adalah lima hingga  9 jam per hari.

"Untuk itu, pemerintah terus berupaya mendorong minat baca masyarakat, termasuk di bidang keuangan yang diharapkan bisa membantu pengembangan bisnis, "katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018