Jakarta (Antaranews Sumut) - Sebanyak empat tim dari Grup A-F Liga Europa, yakni Bayer Leverkusen, FC Zurich, Dinamo Zagreb, dan Arsenal mengamankan kursi mereka di putaran 32 besar setelah menjalani pertandingan-pertandingan fase grup putaran keempat yang dimainkan pada Jumat dini hari WIB.

Bayer Leverkusen mencatatkan kemenangan 1-0 atas FC Zurich untuk memastikan diri melaju ke fase berikutnya, namun tim Swiss yang menjadi lawan mereka juga berhak mendampingi tim Jerman tersebut, setelah keduanya memiliki koleksi poin (sembilan) yang mustahil disamai oleh dua tim lain di grup tersebut, yakni Ludogoretz dan AEK Larnaca.

Wakil Kroasia, Dinamo Zagreb meneruskan catatan 100 persen mereka di fase grup sekaligus memastikan langkah ke fase gugur, berkat kemenangan 3-1 atas Spartak Trnava. Koleksi 12 poin sudah cukup untuk mengamankan tiket ke fase selanjutnya, karena pesaing terdekat mereka, Fenerbahce baru mengumpulkan tujuh poin. Dua posisi terbawah Grup D dihuni oleh Spartak Trnava (tiga poin) dan Anderlecht (satu poin).

Arsenal harus puas dengan hasil imbang 0-0 saat menjamu Sporting, namun The Gunners tetap berhak melaju ke fase selanjutnya setelah mereka mengoleksi sepuluh poin. Sporting merupakan pesaing terdekat dengan tujuh poin, sedangkan dua klub lain, Vorslka dan Qarabag, baru mengumpulkan tiga poin dan menduduki peringkat ketiga dan keempat.

Takumi Minamino mencuri perhatian dalam pertandingan Grup B antara Salzburg melawan Rosenborg. Pemain Jepang ini mengukir trigol untuk membantu timnya menang 5-2 di markas klub Norwegia itu, sekaligus mengokohkan posisi di puncak klasemen Grup B dengan 12 poin. Posisi kedua dihuni RB Leipzig yang menang 2-1 di markas Celtic.

Dua pertandingan di Grup C berakhir imbang, Bordeaux melawan Zenit St Petersburg berakhir 1-1, sedangkan pertandingan Slavia Praha melawan Copenhagen berakhir imbang tanpa gol. Rangkaian hasil itu membuat Zenit memuncaki klasemen grup dengan 12 poin, disusul Slavia Praha dengan tujuh poin, Copenhagen di peringkat ketiga dengan lima poin, dan Bordeaux di dasar klasemen dengan satu poin.

Pertemuan dua tim teratas di Grup F, Real Betis melawan AC Milan berakhir imbang 1-1. Tambahan satu poin ini membawa pemuncak klasemen Betis mengoleksi delapan poin, disusul Milan dengan tujuh poin. Tim peringkat ketiga Olympiacos juga mengoleksi tujuh poin, setelah menghancurkan Dudelange dengan skor 5-1 di Yunani.

Berikut hasil pertandingan keempat penyisihan Grup A-F Liga Europa yang berlangsung Jumat dini hari WIB seturut laman resmi UEFA:
Grup A
Bayer Leverkusen 1 (Tin Jedvaj 60') - FC Zurich 0
Ludogorets 0 - AEK Larnaca 0
Grup B
Celtic 2 (Kieran Tierney 11', Odzonne Edouard 79') - RB Leipzig 1 (Jean-Kevin Augustin 78')
Rosenborg 2 - Salzburg 5
Grup C
Bordeaux 1 (Francois Kamano 35' PEN) - Zenit St Petersburg 1 (Anton Zoboltny 72') Slavia Praha 0 - Copenhagen 0
Grup D
Fenerbahce 2 (Mathieu Valbuena 71', Michael Frey 74') - Anderlecht 0
Dinamo Zagreb 3 (Amer Gojak 22', Andrej Kadlec 36' OG, Mislav Orsic 80') - Spartak Trnava 1 (Vakhtang Tchanturishvili 63')
Grup E
Arsenal 0 - Sporting 0
Grup F Olympiacos 5 (Vasilios Torosidis 6', Konstantinos Fortounis 15', Lazaros Christodoulopoulos 26', Konstantinos Fortounis 36' Ahmed Hassan Koka 70') - Dudelange 1 (Danel Sinani 69')
Real Betis 1 (Giovani Lo Celso 12') - AC Milan 1 (Suso 62')

Pewarta: Antara

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018