Aekkanopan (Antaranews Sumut) – Untuk dapat melaksanakan deteksi dini (deni) dan pencegahan dini (ceni), antara pemerintah, TNI/Polri dan masyarakat harus bersinergi. Hal itu untuk menjaga keamanan, ketenteraman, ketertiban dan keamanan demi kesatuan NKRI.

Demikian antara lain kesimpulan paparan yang disampaikan Mayor Inf Ariatwan SH pada Forum Dialog yang dilaksanakan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Labuhanbatu Utara di aula Kantor Lurah Aekkanopan, Kamis.

Karena, ujar perwira penghubung Kodim 0209/LB di Labura itu, tanggungjawab menjaga keutuhan NKRI merupakan tugas bersama antara pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.  

“Untuk dapat mengindentifikasi masalah dalam rangka merumuskan Deni dan Ceni, perlu membiasakan dan melatih diri secara terus menerus dengan memperhatian situasi yang berkembang dan menafsirkannya secara kritis dan logis,” jelasnya.

Untuk itulah, ia mengharapkan FKDM sebagai mitra pemerintah mampu melakukan deni dan ceni dengan mengumpulkan berbagai indikasi atas suatu persoalan. “Indikasi-indikasi yang diperoleh tersebut diolah melalui proses analisis guna menafsirkan gejala dan fakta secara objektif untuk menghasilkan suatu rumusan yang tepat tentang kemungkinan ancaman,” paparnya.

Sementara Kasat Binmas Polres Labuhanbatu AKP Hairun Edi Sidabutar SH dalam paparanya menyebutkan, pihak kepolisian sangat bersyukur dengan adanya FKDM di Labura. Karena dengan adanya lembaga itu, maka sebagian tugas kepolisian terbantu.

Berdasarkan Pasal 13 UU Nomor 2 Tahun 2002, tugas pokok kepolisian adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum dan memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Pola pelaksanaan tugas Polri ada yang preemtif (pembinaan), preventif (pencegahan) dan represif (penegakan hukum),” jelasnya dalam kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Labura Drs H Dwi Prantara MM itu.

Turut memberikan sambutan pada acara yang diikuti pengurus dan anggota lembaga itu Ketua FKDM Labura Kapten (Purn) Setu. Hadir dalam acara itu Sekretaris Badan Kesbangpol Labura Umar Dhani Siregar dan Kabid Integrasi Dra Hj Guslinawati MM.

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018