Seirampah (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai bersama PT. Kerata Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara sepakat melakukan kerjasama dalam hal bidang  operasional, pelayanan, dan bisnis yang berkaitan dengan pelayanan transportasi kereta api di daerah itu.
     
Kerjasama tersebut ditandai dengan dilakukannya Penandatanganan MoU antara Pemkab Serdang Bedagai dengan PT. Kerata Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara, di Seirampah, Senin.
     
Dalam kesempatan itu Bupati Serdang Bedagai Soekirman mengatakan kereta api memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan di Serdang Bedagai ditambah lagi dengan kondisi alamnya yang memiliki garis pantai indah dan berpasir putih. 
   
Daerah itu memiliki enam stasiun sepanjang jalur kereta api kurang lebih 50 KM yang dibangun pada saat pembangunan perkebunan dan sampai kini memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi.
     
Seperti halnya Stasiun Kereta Api di Kecamatan Teluk Mengkudu yang letaknya berdekatan dengan wilayah sejarah 1916 milik PTPN,  ditambah lagi Kantor Bupati Serdang Bedagai yang rencanyanya akan dipindahkan persis dekat dengan jalur rel dan Stasiun Teluk Mengkudu.

"Jika kita bayangkan bahwa perjalanan dari Kota Medan menuju Serdang Bedagai disuguhkan beragam cerita sejarah pada saat perjalanan, maka saat penumpang sampai ceritanya pun belum habis. Dengan demikian terlihat begitu banyak dan  beragamnya sejarah di Serdang Bedagai yang sangat menarik," katanya.

Ia mengatakan, dalam hal ini pemerintah daerah harus juga mempersiapkan tempat persinggahan seperti makanan yang nikmat, tour guide, tempat wisata yang menarik, wisata yang baik, nyaman dan bersih. 

Semua itu harus dibungkus dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang mudah diakses di manapun dan kapan pun oleh masyarakat, maka akan menambah jumlah wisatawan berkunjung di Tanah Bertuah, katanya. 

"Dengan telah terjalinnya kerjasama antara Pemkab Serdang Bedagai dengan PT. KAI diharapkan pada bulan April 2019 sudah ada perjalanan perdana kereta api di Serdang Bedagai," katanya.

Vice President PT. KAI Divisi Regional I Sumut Rusi Haryono mengatakan Serdang Bedagai memiliki potensi yang besar seperti pantai, pasir putih yang diminati wisatawan.

"Saya merupakan salah seorang yang selalu memperhatikan garis pantai yang ada di Serdang Bedagai dengan menggunakan transportasi udara saat saya berpergian," katanya.

Kereta api, kata dia, merupakan alat transportasi yang cukup menarik dan mengikuti kemajuan teknologi, untuk itu diharapkan baik pemerintah daerah maupun masyarakat dapat mendukung kemajuan tersebut. 

"Terkait dengan pemesanan tiket KAI kini penumpang tak perlu lagi susah payah datang ke loket, dengan menggunakan aplikasi yang dapat di download di play store kita sudah bisa memesan tiket dari rumah," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018