Medan  (Antaranews Sumut) - Asian Agri Group melalui unit bisnis PT. Supra Matra Abadi melakukan penyuluhan mengenai dampak narkoba kepada siswa sekolah menegah atas di Labuhanbatu, Sumut.

Manager PT Supra Matra Abadi, Kebun Aek Nabara, Frandky Rumahorbo  di Medan, Jumat, mengatakan generasi muda sangat rawan terkena narkoba. 

Oleh karena itu, kata dia yang didampingi Humas PT SMA Sumarjono dan Koordinator CSR Asian Agri Wilayah Sumut, Aris Yuneidi, PT SMA menggulirkan dana program CSR-nya untuk mengedukasi siswa tentang ancaman narkoba.

Kegiatan edukasi berlangsung di SMA Negeri 1 Bilah Hulu,  Kecamatan Bilah Hulu, Labuhanbatu 29 Oktober diikuti 827 siswa dan 41 guru.

Tampil sebagai narasumber Kabag Operasi Narkoba Labuhanbatu Iptu Pinondang Purba dan dari Dinas Kesehatan Labuhanbatu,  Raja LM Ritonga.

"Berita tentang penyebaran narkoba di Indonesia terutama terhadap generasi muda hingga ke wilayah pedesaan mengkhawatirkan sehingga Asian Agri merasa terpanggil melakukan edukasi,"ujar Frandky Rumahorbo.

Edukasi diharapkan bisa menekan dan menghindari kaum millenial dari penggunaan narkoba.

Camat Bilah Hulu, Hamdi Erazona mengatakan narkoba adalah musuh bersama sehingga semua elemen masyarakat harus memegang peranan dalam memerangi narkoba.

"Saya berterima kasih kepada PT SMA yang menyelenggarakan acara tersebut dan saya mendukung setiap program yang dilakukan untuk menjadikan generasi muda  menjadi generasi penerus bangsa yang tangguh dan dibanggakan serta terlepas dari narkoba," katanya.

Kabag Ops Narkoba Labuhanbatu Iptu Pinondang Purba menyebutkan,  kepolisian akan bertindak tegas terhadap penyalahgunaan narkoba, siapapun itu tanpa pilih kasih. 

Baik itu pejabat, aparat maupun anak sekolah, katanya akan ditindak tegas.

"Tidak ada pilih kasih hukum terhadap penyalahgunaan narkoba, kita tindak tegas sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika,” ujarnya.
 
Pembicara dari Dinas Kesehatan LabuhanbatuRaja LM Ritonga
 juga mengutarakan bahaya narkoba terhadap kesehatan.

"Bahaya narkoba dapat mempengaruhi susunan syaraf, mengakibatkan ketagihan dan ketergantungan,"katanya.

Narkoba menyebabkan gangguan terhadap jantung dan pembuluh darah, kesehatan reproduksi, meningkatkan resiko HIV, timbul rasa malas, sulit konsentrasi bahkan kematian.

Acara itu diwarnai dengan pembagian PIN Indahnya Tanpa Narkoba kepada setiap siswa, perlombaan pidato, lomba literasi sumpah pemuda dan lomba karikatur bahaya narkoba terhadap generasi muda, serta penampilan drama dan tari tor tor dari siswa siswi SMAN 1 Bilah Hulu.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018