Binjai (Antaranews Sumut) - Warga yang tergabung dalam program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Binjai Barat, Kota Binjai, Sumatera Utara, kini hasilkan bordir bermotif buah rambutan.
     
Ketua Kelompok Kerja PKK Kelurahan Sukaramai Kecamatan Binjai Barat Riyanti, di Binjai, Jumat, menjelaskan didaerah itu kini ada empat kelompok masing masing menangani usaha bordir motif rambutan,  makanan, menjahit dan pembuatan tusuk sate.
     
Dijelaskannya ada kelompok Kube Adryan 1 membidangi usaha bordir motif rambutan merupakan kelompok pelaksana unggulan karena mempunyai inovasi bordir motif rambutan.
     
"Rambutan merupakan salah satu ikon Kota Binjai sehingga dibuatlah inovasi bordir motif rambutan menjadi produk yang dihasilkan seperti kipas, jilbab, baju, sarung bantal kursi, tutup gelas, sarung air mineral, tempat tisu, penutup dispenser, taplak meja," katanya.
     
“Produk yang dihasilkan oleh para ibu-ibu ini sudah dipasarkan keluar lingkungan kelompok dan sudah ada pemesanan hingga luar kota," sambungnya.
     
Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) yang dilaksanakan terbukti mampu meningkatkan perekonomian warganya. Berbagai potensi dibidang usaha dan produksi,  baik berupa makanan maupun keterampilan dibina sedemikian rupa sehingga mampu menghasilkan produk bernilai jual tinggi dan menambah pendapatan keluarga.  
     
Sebagai ganjarannya, Kelurahan Sukaramai terpilih sebagai Kelurahan Terbaik Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Kota Binjai Tahun 2018 dan mewakili kota Binjai pada lomba di tingkat Provinsi Sumatera Utara.
     
Usaha Pemberdayaan Kelompok UP2K, dilakukan oleh kelompok khusus, yang membina kelompok pelaksana yaitu kelompok peserta yang memiliki usaha atau yang mau berusaha perorangan atau kelompok dan bergabung dalam usaha bersama. 
     
"Kube Adryan 2 dengan jenis usaha makanan telah memiliki izin dari Dinas Kesehatan dan Balai POM serta telah menerima Piagam Bintang Keamanan Pangan (Food Star Award) bintang satu dari Balai POM Medan," ujarnya. 
     
Riyanti menyampaikan adanya Kelompok UP2K ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil, serta pengembangan kehidupan berkoperasi.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018