Samosir (Antaranews Sumut) - Manager Geo Area Samosir menggelar lokakarya master plan penataan perkampungan Si Raja Batak Sigulatti, yang dilaksanakan di Gedung Pusat Informasi Geopark Kaldera Toba, Sianjur Mulamula.

Kegiatan bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Panca Budi dan Universitas Parahyangan yang dihadiri kedua rektor perguruan tinggi tersebut.

Kadis PU, Kepala Bappeda, Kadis Lingkungan Hidup, Kadis Pariwisata, Kadis PERAKPP, Kadis Kebudayaan Pemuda dan Olahraga, Manager CSR PT Inalum Tober G Sidabutar, tokoh masyarakat Sianjur Mulamula, hadir dalam kegiatan tersebut.

Rektor I Univesitas Pembangunan Panca Budi, Bhakti Alamsyah mengatakan master plan akan ditata dengan konsep arsitektur Nusantara, dan masih membutuhkan saran dan pendapat untuk penyempurnaanya.

Bhakti memaparkan, perkampungan Si Raja Batak dibagi menjadi 14 zonasi dengan konsep dan fungsi yang berbeda pada setiap zonasinya.

Rektor Unpar Mangadar Situmorang mengusulkan agar seluruh usulan pembangunan di Kabupaten Samosir berbasis geopark dan seluruh titik pengembangannya. 

Dalam konsepnya, harus berpedoman pada tiga hal penting yaitu, alam, budaya dan masyarakat. 

Bupati Samosir menyampaikan ungkapan terima kasih atas buah pikiran untuk menyusun master plan perkampungan Si Raja Batak Sigulatti. 

Kedua perguruan tinggi itu dinilai telah meberikan warna baru rancangan atau desain master plan dengan nilai yang indah dan berwawasan yang mendukung Geopark Kaldera Toba. 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018