Medan  (Antaranews Sumut) - Kehidupan berbangsa selalu dinamis, senantiasa berubah  sejalan dengan tantangan paradigma secara global, regional maupun nasional, sehingga dituntut mampu menjawan ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan.

"Bentuk ancaman yang dihadapi saat ini semakin beragam, dan menjangkau semua aspek kehidupan masyarakat," kata Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah, dalam sambutannya dibacakan Kasdam I/BB Brigjen TNI Hassanudin, di Medan, Jumat.

Hal itu, ditegaskan Pangdam I/BB, saat memberikan pengenalan Bela Negara kepada 2.005 mahasiswa baru Universitas Pembangunan Panca Budi Tahun Ajaran 2018/2019 di Lapangan Makodam I/BB.

Ia mengatakan, perubahan untuk menuju kehidupan yang lebih baik ini, menuntut sikap dan cara pandang yang tepat dari segenap bangsa Indonesia.
 
Mencermati kondisi tersebut, dan berharap adanya peran besar seluruh komponen bangsa, dan termasuk para mahasiswa untuk turut serta menciptakan kemajuan positif.
 
"Melalui cara berpikir yang jernih dalam menyikapi berbagai hal yang berkembang di tengah masyarakat dan tidak terpengaruh hal-hal negatif,terlebih yang dapat merusak Persatuan dan Kesatuan diantara komponen bangsa," kata jenderal bintang dua itu.
 
Pangdam menyebutkan, selama kegiatan di Makodam I/BB, para mahasiswa baru akan mendapatkan beberapa materi yang berkaitan dengan Wawasan Kebangsaan, Bela Negara, termasuk diantaranya tentang Radikalisme, Terorisme dan cara menyikapi berita Hoax.

Ia mengajak seluruh mahasiswa baru Universitas Pembangunan Panca Budi untuk memanfaatkan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga harapan bangsa Indonesia kepada mahasiswa untuk senantiasa menjadi "Agent Of Change" dari masa ke masa terpilihara.  

Hal itu, selaras dengan tema yang diangkat pada kegiatan tersebut yaitu "Membangun karakter bangsa melalui kegiatan orientasi dan pengenalan kampus bagi mahasiwa/i baru Universitas Pembangunan Panca Budi TA 2018/2019".

"Saya berharap melalui kegiatan ini dapat membangun sikap Nasionalisme para mahasiswa baru, sehingga mampu menghadapi tantangan yang selalu dinamis pada saat ini dan masa yang akan datang," kata Pangdam I/BB itu.***4***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018