Tapteng (Antaranews Sumut)- Kabupaten Tapanuli Tengah akan merayakan hari ulang tahunnya yang ke 73, tepatnya tanggal 24 Agustus 2018. Beragam kegiatan akan digelar untuk memeriahkan hari jadi tersebut. Diantaranya Carnaval Budaya dan Ragam Potensi Daerah/Silua dari hasil pertanian, perkebunan, hasil laut, kuliner, UKM dari 20 Kecamatan se-Tapteng.

Demikian diungkapkan Ketua Umum HUT Tapteng ke 73 Herman Suwito di ruang kerjanya, Selasa pagi di Pandan.

Keberagaman etnik budaya yang akan ditampilkan diantaranya etnis Batak Toba, Mandailing, Karo, Simalungun, Angkola, Dairi, Pakpak, Pesisir, Jawa,  Nias,  Minang,  Bugis,  Aceh, Madura  dan Etnis lainnya.

Pagelaran ini menurut Herman menggambarkan Tapteng sebagai miniatur keberagaman etnis budaya yang ada di Indonesia, yang tersebar di 20 Kecamatan yang ada di Tapteng yang hidup rukun dan saling berdampingan.
 
Selain Carnaval Ragam Budaya dan Potensi Daerah, berbagai even telah dilaksanakan yang dimulai sejak tanggal 8 Agustus 2018 hingga Puncak HUT Tapteng tanggal 24 Agustus, seperti tarian budaya tingkat SMP dan SMA,  pertandingan sepak bola antar kecamatan, pertandingan bola volly antar ASN, gerak jalan beregu,  gerak jalan santai antar dinas instansi dan TP PKK, lomba Marching Band antar pelajar, pembagian alat kontrasepsi dan pemasangan implan, pengobatan massal gratis, pemberian imunisasi campak, sunat massal dan lomba lari marathon 5 KM antar pelajar Lokal, dan kegiatan sosial lainnya.

Tema yang diusung dalam hari jadi ini adalah 'Bergerak Bersama Membangun Tapteng dan Sub Tema, Dengan Semangat Hari Jadi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah ke 73 Tahun 2018 Kita Kobarkan Semangat Membangun Kabupaten Tapanuli Tengah menuju masyarakat Tapteng yang berkarakter, mandiri, berakhkak dan berkeadilan sejahtera.

Sedangkan para tamu dan undangan yang direncanakan hadir sebut Herman, Pj.  Gubernur Sumatera Utara, Forkopimda Propsu, anggota DPR RI Dapil II Sumut, anggota DPD RI, anggota DPRD Provsu Dapil IX Sumut, Bupati dan Walikota se-Sumut.

Sebagai hiburan bersama Panitia mendatangkan arits ibukota dari Jakarta untuk menghibur masyarakat Tapteng malam harinya. Adapun para artis yang hadir seperti Lyla Band,  Ridwan Liga Dangdut, Yati Queenna dan artis lokal Tapteng.

“Atas nama panitia kami mengundang semua masyarakat Tapteng agar ikut menyaksikan dan menyemarakkan puncak hari jadi Pemerintah Kabupaten Tapteng ke 73 Tahun 2018 yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Pandan."Imbuhnya


 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018