Medan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pariwisata tengah melakukan pemetaan potensi ekonomi kreatif di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara itu.

"Sehubungan dengan itu, kami mengajak seluruh pelaku usaha ekonomi kreatif, baik perseorangan, komunitas, maupun badan usaha yang belum terdaftar atau yang belum didatangi petugas agar mendaftar langsung ke kantor Dinas Pariwisata Medan," kata Kadis Pariwisata Medan, Agus Suriyono, Senin.

Selain itu, menurut dia, pelaku usaha ekonomi kreatif juga dapat mendaftar melalui email: pariwisata @ medantourism.com, dan pariwisata@ pmkomedan.go.id  website www.pariwisata.pemkomedan.go.id dan ww.medantourism.com Dinas Pariwisata Kota Medan.

"Pemetaan tersebut, akan berlangsung sampai tanggal 30 Agustus dan juga bertujuan untuk menciptakan kondisi yang memungkinkan Medan menjadi kota kreatif," ujar Agus.

Ia mengatakan, ekonomi kreatif merupakan gerakan ekonomi baru yang memiliki multi player effect yang dapat mendorong pengembangan pariwisata dan  sekaligus menyerap tenaga kerja, serta meningkatkan pendapatan asli daerah.

Ekonomi kreatif itu, akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, ide kreatif, dan imajinasi manusia.

Ada 16 subsektor ekonomi kreatif yang meliputi aplikasi, yakni pengembangan game, arsitektur dan design interior, design komunikasi visual, design produk, seni , pertunjukan, film-video animasi, fotograpi, kuliner, fesyen, kriya, musik, periklanan, penerbitan, seni rupa, televisi, dan radio.

"Kita ingin menyemarakkan seluruh subsektor tersebut, untuk mendorong pengembangan pariwisata di Medan," ucap Agus.

Apalagi, jelasnya, sesuai dengan Perwal Nomor 1 Tahun 2017 tentang Kedudukan dan Susunan Organisasi, Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Perangkat Daerah, telah ditetapkan bahwa memang industri kreatif merupakan bagian dari tupoksi Dinas Pariwisata.***1***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018