Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe menggelar silatrurrahmi dengan perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wiredhatama, warakawaru dan angkatan 45, Minggu di Rantauprapat.

Dalam kesempatan itu, Andi Suhaimi Dalimunthe menyampaikan, rasa syukur kepada para pejuang kemerdekaan.

Menurutnya, silahturahmi dilakukan sebagai wujud syukur yang mendalam serta merupakan momentum berharga untuk memupuk dan memperkuat, komitmen jati diri anak bangsa, guna menghargai jasa para sesepuh dan tokoh pejuang.

"Kehadiran para sesepuh dan tokoh pejuang di tengah-tengah kita pada acara yang penuh bersejarah ini, akan menjadi kekuatan spirit dan sekaligus motivasi sebagai generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia, khususnya di Kabupaten Labuhanbatu yang kita cintai," katanya. 

Ia menjelaskan, sebagai bangsa yang berbudaya dan telah menikmati kemerdekaan serta hasil pembangunan.

Selayaknya kita memberikan penghormatan atas jasa pejuang perintis kemerdekaan, meskipun tidak seimbang, namun tetap ikut ambil bagian dalam mewujudkan keinginan para pejuang, yakni mewujudkan cita-cita proklamasi dan mengisi kemerdekaan. 

Dalam kemerdekaan ini tugas dan tanggung jawab generasi muda tidaklah semakin ringan, justru semakin berat, upaya mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran harus terus di perjuangkan, terlebih masih tingginya angka kemiskinan dan pengangguran yang membelenggu masyarakat. 

Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Labuhanbatu Purn J. Manik mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Labuhanbatu, atas perhatianya kepada para veteran, baik itu veteran pembela dan juga veteran yang benar-benar berjuang dalam mempertahankan Kemerdekaan Bangsa Indonesia. 

Veteran mempunyai tugas dan fungsi untuk mengingatkan kembali kepada generasi penerus tentang perjalanan para pejuang-pejuang untuk merebut maupun mempertahankan kemerdekaan, serta melestarikan nilai-nilai juang 45 yakni pantang menyerah dan tanpa pamrih.

“Khusus di Labuhanbatu masih ada sekitar 15 orang LVRI yang masih hidup, menurut data yang kami terima, para pejuang di Labuhanbatu dulunya berjumlah sekitar 400 orang, termasuk juga angkatan 45, untuk itu ini merupakan kebahagiaan bagi kami, kami ucapkan terimakasih kepada Plt Bupati," ungkap J. Manik. 
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018