Tanjungbalai, Sumut, 16/8 (Antara) - Sebanyak 21 kepala keluarga warga Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso Kota Tanjungbalai mendapat kado spesial pada  HUT Kemerdekaan RI dengan diresmikannya aliran listrik perdana program Listrik Pedesaan.
  
Penggunaan jaringan baru listrik pedesaan itu diresmikan Wali Kota Tanjungbalai H.Muhammad Syahrial didampingi pimpinan PT.PLN Ranting Tanjungbalai Ahmad Ridwan, Kamis, berlokasi di Lingkungan III Kelurahan Sei Raja.
  
Wali Kota berterimakasih kepada PLN telah membangun dan meresmikan penggunaan jaringan listrik pedesaan diwilayah pinggiran Tanjungbalai bertepatan HUT kemerdekaan RI ke 73 tahun 2018.
 
 “Selaku pemerintah dan atas nama masyarakat kami mengapresiasi PT PLN. Apalagi pengoperasiannya tepat pada HUT RI, masyarakat merasa gembira karena selama ini memang sangat membutuhkan listrik," ujar Syahrial.
  
Wali Kota berpesan kepada masyarakat agar memanfaatkan listrik secara baik dan benar, serta berhemat dengan mengunakan listrik seperlunya. Pihak PLN juga diminta untuk menyosialisasikan menggenai dampak penggunaan listrik yang tidak benar.
 
 "Setelah masuk listrik, semua pihak termasuk Pemkot Tanjungbalai terus memikirkan hal selanjutnya untuk kesejahteraan rakyat. Misalnya, meningkatkan perekonomian dan pendidikan masyarakat diwilayah ini," ujar Syahrial.
 
 Berdasarkan catatan, jaringan baru listrik pedesaaan di lingkungan tersebut disuplay dari Gardu Induk Kisaran melalui Penyulang KN.1 dengan dibangunnya Hantaran Udara Tegangan Menengah (HUTM) 20 KV sepanjang 1.0 Kilo Meter Sirkuit (KMS) dengan jumlah tiang 12 meter, serta dibangunnya 1 unit Trafo Distribusi 20 KV dengan Kapasitas daya 50 kVA 3phs.
 
 Selain itu, juga akan dibangun Hantaran Udara Tegangan Rendah (HUTR) 220/380 V sepanjang 1.1 KMS dengan jumlah tiang 9 Meter yang dapat melayani 21 pemohon/pelanggan baru yang ingin memiliki aliran listrik.
 
 "Alhamdulillah ini merupakan Kado Kemerdekaan bagi masyarakat Lingkungan III Kelurahan Sei Raja," kata Pimpinan PLN Ranting Tanjungbalai Ahmad Ridwan.***4***(KR-YWK)

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018