Medan (Antaranews Sumut) - Dua orang Siswa Luar Biasa asal Provinsi Papua Barat sebagai peserta Siswa Mengenal Nusantara, dan saat ini mereka tengah berkunjung ke Kota Medan, Sumatera Utara.

"Kedua Siswa Luar Biasa (SLB) itu, ikut bergabung dalam rombongan Siswa Mengenal Nusantara (SMN), dan melaksanakan berbagai kegiatan," kata Guru Pendamping SLB, Yusuf Wibowo, di Medan, Senin.

Kedua siswa SLB keterbatasan fisik itu, menurut dia, bernama Sampe dan Liver, selalu aktif mengikuti berbagai kegiatan dengan temannya SMN asal Papua yang memiliki fisik sempurna.

"Meski kedua siswa SLB itu, memiliki kelaian fisik, namun semangat mereka untuk belajar dan menambah pengalaman cukup tinggi," ujar Yusuf.

Ia menyebutkan, bahkan saat peserta SMN mengikuti pelatihan Bela Negara di Mako Yonkav 6/ Naga Karimata di Asam Kumbang, Medan Sunggal, kedua siswa SLB itu juga ikut kegiatan di dalam ruangan, yakni mendengarkan ceramah.

Selain itu, juga kegiatan menyanyi bersama yang dilaksanakan peserta SMN, selama mengikuti pelatihan Bela Negara tersebut.

"Yang tidak bisa diikuti siswa SLB itu adalah kegiatan fisik, yakni lari, dan  baris-berbaris," kata Guru SLB asal Palembang.

Sebanyak 30 orang Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2018 dari Papua Barat tiba di Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (7/8)  sekira pukul 22.15 WIB, dan selanjutnya mereka menginap di Wisma Sudirman Jalan Patimura Medan.

Kegiatan tersebut diprakarsai oleh perusahaan yang berada dibawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT.Hutama Karya.

Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang tujuannnya untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada siswa SMA/SMK/SLB.

Keberagaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen pemerintahan dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Tahun ini, PT Hutama Karya (Persero) ditunjuk oleh Kementerian BUMN untuk menjadi koordinator kegiatan SMN di Provinsi Sumatera Utara bersama dengan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Kawasan Industri Medan (Persero) dan PT Djakarta Lloyd (Persero). ***4***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018