Medan  (Antaranews Sumut) -PT Pelabuhan Indonesia 1 mengembangkan dan membenahi terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga untuk meningkatkan layanan jasa transoprtasi laut di bagian barat Sumatera Utara.

General Manager Pelindo 1 Cabang Sibolga Agust Deritanto di Medan, Senin, mengatakan pembenahan dan penataan itu merupakan salah satu program pengembangan kepelabuhanan dalam jangka pendek dan menengah.

Selama ini, kata Agust, Pelabuhan Sibolga merupakan lokasi berlabuh dan berlayar kapal yang membawa penumpang dari dan menuju Pelabuhan Gunung Sitoli di Kepulauan Nias.

Meski pelayaran Sibolga-Gunung Sitoli dilakukan secara rutin, tetapi terminal penumpang di Pelabuhan Sibolga tidak terlalu besar.

Baca juga: Pelabuhan Sibolga dikembangkan jadi titik pengumpul

Kapal yang dioperasikan untuk rute Sibolga-Gunung Sitoli itu jenis roro feri yang bukan hanya manusia, tapi juga truk dan barang.

Karena itu, untuk meningkatkan kenyamanan penunpang, Pelindo 1 melakukan pembenahan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga dengan menyiapkan terminal kedatangan dengan luas sekitar 1.500 meter bujur sangka.

Setelah menjalankan berbagai proses pembangunan, pembenahan dan pengembangan Pelabuhan Sibolga telah mengalami progres yang menggembirakan karena pembangunan fisiknya telah mencapai sekitar 90 persen.

"Direncanakan, pembangunan terminal penumpang itu bisa diselesaikan pada November 2018," katanya.

Pengembangan dan pembenahan terminal penumpang Pelabuhan Sibolga tersebut bukan hanya untuk meningkatkan jasa transportasi laun, namun juga diharapkan dapat mendukung dalam meningkatkan sektor kepariwisataan daerah, terutama di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Apalagi pihaknya mendapatkan informasi jika Pelabuhan Sibolga akan menjadi salah satu tujuan berlabuh kapal pesiar dari luar negeri sehingga perlu terminal yang representatif.

"Kita ingin pelabuhan ini nantinya bisa menjadi ikon Sibolga," ujar Agust didampingi ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami.



(T.I023/B/M028/M028) 13-08-2018 15:46:16

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018