Medan, (Antaranews Sumut) - Dinas Pemuda dan Olahraga Sumatera Utara melakukan seleksi terhadap sejumlah pemuda dari kabupaten dan kota yang akan menjadi sosok tokoh pemuda pelopor tingkat provinsi maupun nasional tahun 2018.
     
"Saat ini proses seleksi sedang berjalan. Tim kita langsung turun melakukan seleksi ke daerah masing-masing. Mereka yang ikut seleksi merupakan usulan dari kabupaten dan kota masing-masing," kata Kepala Seksi Pengembangan Pemuda Dispora Sumut, Zulham Siregar di Medan, Senin.
     
Ia mengatakan, pemuda pelopor yang merupakan program nasional tersebut memiliki banyak tujuan diantaranya untuk menggelorakan semangat kepeloporan dikalangan pemuda, menemukan dan mengenali sosok pemuda yang memiliki potensi kepeloporan.
     
Juga demi mewujudkan pemuda yang berkemampuan merintis jalan, melakukan terobosan, menjawab tantangan dan memberikan jalan keluar atas berbagai masalah, serta memberikan penghargaan kepada pemuda yang dinilai telah memenuhi persyaratan dan kriteria sebagai pemuda pelopor provinsi maupun nasional.
     
Inti dari program pemuda pelopor tersebut adalah untuk mendorong pemuda agar mampu membuka lapangan pekerjaan baru dalam upaya menekan angka pengangguran serta menjauhkan pemuda dari hal-hal negatif yang dapat merusak.
     
"Secara lebih spesifik kepeloporan pemuda sejatinya merupakan wahana memecahkan berbagai masalah terkait dengan penguatan nation and character building dan mengatasi masalah sosial kepemudaan lainnya. Disinilah pemuda diharapkan tampil sebagai garda terdepan untuk memberikan kontribusi efektif, kreatif dan inovatif.
   
Pemilihan pemuda pelopor diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional yang puncaknya adalah pemberian penghargaan pada acara Peringatan Sumpah pemuda yang dilaksanakan setiap 28 Oktober.
     
Pemilihan Pemuda pelopor tahun 2018 ini dilakukan dengan melibatkan sebanyak mungkin partisipan pemuda, lingkup dan jenis kepeloporan pun diperluas dengan harapan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas dan memberikan penghargaan bagi mereka yang layak menyandang predikat sebagai pemuda pelopor.
     
"Pemilihan pemuda pelopor mencakup lima bidang kepeloporan pemuda yakni bidang pendidikan, agama, sosial dan budaya, pengembangan sumber daya alam, lingkungan dan pariwisata, pangan dan inovasi teknologi," katanya.***4***

 

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018