Tapteng (Antaranews Sumut)- Kuliner ciri khas di Kabupaten Tapanuli Tengah cukup beragam, mulai dari masakan bahan dasar ikan sampai dengan rumput laut. Ditengah ragamnya masakan khas dari Tapanuli Tengah, masyarakat diajak khususnya pelajar untuk tahu bagaimana cara meraciknya.
Gagasan itulah yang mendasari Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah menggelar lomba memasak kuliner ciri khas Tapteng yang diikuti para pelajar SLTP se-Tapanuli Tengah. Dan hasilnya berbagai masakan ciri khas Tapteng tersaji dengan baik dan siap untuk dinilai dewan juri.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tapanuli Tengah, Sehat Munte di Pandan Kamis siang mengatakan, kegiatan lomba masak tersebut sangat menginspirasi para siswa, dan sekaligus memberikan motivasi kepada peserta, bahwa anak SMP sudah harus bisa memasak.

“Saya bangga melihat para peserta begitu antusia mengikuti pertandingan ini. Termasuk para guru pendamping selalu siap memberikan arahan kepada anak didiknya. Dan semua jenis masakan kuliner yang diperlombakan ini adalah makanan ciri khas Tapteng,”terangnya Kamis siang di Pandan.

Sehat mengakui, dengan adanya penilaian terhadap hasil masakan para peserta, maka akan menambah pemahaman mereka didunia memasak. Karena kita sengaja mendatangkan dewan juri koki PIA Hotel Pandan, ditambah lagi dari PKK Tapanuli Tengah.

“Semoga pengalaman dan penilaian dari dewan juri menambah pengetahuan para peserta. Karena kita yakin dengan bakat dan hobby yang dimiliki ini menjadi peluang besar nantinya ketika para pelajar ini sudah tamat dan menetukan jurusan kelak,”harap Sehat.

Sementara itu para peserta tampak asyik untuk meracik masakan mereka masing-masing. Setiap peserta terdiri dari 3 orang perwakilan yang akan memasak makanan ciri khas dari Tapanuli Tengah. Demikian juga dengan hiasan meja dapur, alat memasak dan tampilan penyuguhan masakan turut dinilai dewan juri.

“Senang aja rasanya bisa ikut lomba memasak antar sekolah. Pokoknya serulah karena kita saling berlomba untuk menyuguhkan masakan yang terbaik. Kebetulan yang kami suguhkan adalah ikan bakar sambal paccak dan juga menu sayur ubi tumbuk dan juga menu lainnya. Mudah-mudahan kami dapat menang,”ujar salah soerang peserta kuliner.

Aksi lomba memasak ini turut menyita perhatian para pegawai yang bertugas di kantor bupati Tapanuli Tengah di Pandan, termasuk para kepala dinas turut menyaksikan bagimana para peserta memasak dan menyanyikannya.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018