Medan (Antaranews Sumut) -Siswa asal Papua Barat yang mengikuti Program Siswa Mengenal Nusantara yang digelar BUMN di Sumatera Utara berkesempatan melihat perkembangan Kawasan Industri Medan atau KIM.

Direktur Keuangan dan SDM KIM, Adler M Siahaan dalam pemaparannya di depan siswa Papua Barat itu di Medan, Rabu, mengatakan bahwa KIM adalah salah satu kawasan industri terbesar di Indonesia dan menjadi kebanggaan Sumut.
 
KIM, katanya sudah dikenal hingga ke luar negeri dan sudah banyak perusahaan asing yang beroperasi di kawasan itu.

Sumut sendiri dikenal dengan penghasil minyak sawit sehingga industri komoditas itu juga banyak beroperasi di KIM.

"Dengan melihat KIM termasuk industri yang beroperasi diharapkan siswa bisa banyak belajar tentang industri dan khususnya hasil pengolahan sawit seperti minyak goreng,"katanya.

Setelah dari KIM, siswa Papua Barat itu dijadwalkan akan dibawa melihat usaha sejumlah BUMN lainnya seperti Pos Indonesia, Nidya Karya, Pelni dan Hutama Karya.

Siswa Mengenal Nusantara yang digelar dalam konteks BUMN Hadir Untuk Negeri itu juga belajar dan melihat kebudayaan dan pariwisata Sumut seperti berkunjung ke Istana Maimoon.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Arsyad Lubis mengapresiasi program Siswa Mengenal Nusantara.

Kedatangan siswa Papua Barat ke Sumut, katanya, bisa mempromosikan Sumut, termasuk kepergian siswa Sumut yang ke Papua diyakini akan berdampak positif bagi Sumut.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018