Binjai  (Antaranews Sumut) - Wali kota Binjai, Sumatera Utara, mencanangkan kampanye imunisasi Measles dan Rubella (MR) di SD Negeri 024772 Jalan Bejomuna Kelurahan Dataran Tinggi Kecamatan Binjai Timur.

"Kita sudah canangkan kampanye imunisasi untuk seluruh sekolah dasar yang aad di daerah itu," kata Wali kota Muhammad Idaham, di Binjai, Rabu.

Muhammad Idaham mengatakan penyakit Measles atau campak dan Rubella merupakan penyakit yang berbahaya karena bisa menimbulkan kecacatan. 

“Karena itu perlu langkah mengeliminasi penyakit campak dan rubella, salah satunya adalah melalui imunisasi, diseluruh sekolah dasar yang ada di daerah itu,“ katanya.

"Imunisasi sangat penting untuk membangun generasi masa depan yang sehat. Untuk membangun kota cerdas dibutuhkan manusia cerdas dan untuk membangun manusia cerdas hal yang paling penting adalah kesehatan," ujarnya.  

Karena itulah, Wali kota sangat berharap dukungan dari semua pihak guna mendukung suksesnya   kampanye Imunisasi MR ini di Kota Binjai .

Idaham juga mengingatkan para Camat dan Lurah agar ikut memberikan pemahaman kepada para  orangtua tentang pentingnya Imunisasi MR dan kepada petugas kesehatan agar lebih dulu melakukan pengamatan terhadap kondisi fisik anak yang akan diimunisasi.

“Kita berharap tidak ada kecemasan orangtua yang anaknya akan di Imunisasi,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Binjai Mahaniari Manalu mengatakan kampanye Imunisasi MR tahun ini menyasar 70.809 jiwa anak mulai usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun .

"Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan virus. Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius  hingga menyebabkan kebutaan hingga kematian," katanya. 

Sedangkan Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, namun bila menular pada ibu hamil  dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan.

“Tidak ada pengobatan untuk campak dan rubella, namun penyakit ini dapat dicegah dengan Imunisasi MR, dimana satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus,“ ujarnya.

Dijelaskannya juga Imunisasi Measles Rubella akan dilaksanakan selama dua bulan Agustus-September 2018. Dimana Agustus akan dilaksanakan di seluruh sekolah mulai tingkat PAUD, TK, SD/MI sederajat dan SMP/MTS sederajat. 

Baru pada bulan September 2018 akan dilaksanakan di puskesmas, pustu serta  posyandu  yang ada di kota itu.***4***
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018