Medan (Antaranews Sumut) - Anggota DPRD Sumatera Utara, Sutrisno Pangaribuan mendukung Program Siswa Mengenal Nusantara yang dijalankan perusahaan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN.

"Program Siswa Mengenal Nusantara BUMN itu sangat diapresiasi dan harus mendapat dukungan kuat Pemerintah ," ujarnya di Medan, Senin malam.   

Dia mengatakan itu di acara Penutupan Seleksi Siswa Mengenal Nusantara tingkat sekolah menengah atas, Sekolah Menengah Kejuruan dan Sekolah Luar Biasa.

Sebanyak 33 siswa terdiri dari 19 siswa pria dan 14 wanita dimana dua orang diantaranya dari Sekolah Luar Biasa di Sumut diberangkatkan BUMN ke Papua Barat.

Sutrisno yang dari Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Sumut itu menyebutkan, adanya program BUMN tersebut harus menjadi dorongan bagi Pemerintah Provinsi Sumut untuk peduli dengan dunia pendidikan.

"Jangan saat BUMN peduli dengan pendidikan, Pemprov Sumut justru tidak memperhatikan,"katanya.
 
Kabid Pendidikan Dinas Pendidikan Sumut, Rosmawati Nadeak menyebutkan, langkah BUMN yang peduli dengan dunia pendidikan merupakan wujud UU NO 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Dalam UU itu, katanya, mengamanatkan bahwa pendidikan tidak semata tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab semua.

"Itu sudah dibuktikan BUMN.Dinas Pendidikan Sumut mengapresiasi bantuan Hutama Karya, Nidya Karya, Pelni, Pos Indonesia, Djakarta Lloyd dan Kawasan Industri Medan (KIM) yang menjadi penyelenggara Siswa Mengenal Nusantara di Sumut,"katanya.

Direktur Keuangan, SDM & Umum KIM yang mewakili perusahaan BUMN, Adler Manarissan Siahaan dalam kata sambutannya meminta agar 33 siswa Sumut itu bisa memberikan pandangan positif tentang Sumut di Papua Barat.

"Sumut harus dicitrakan dengan kepositifan baik orangnya, budaya dan lainnya "katanya.

Dia meminta para siswa juga belajar banyak dari program Siswa Mengenal Nusantara mulai keberagaman suku, budaya dan agama hingga tentang BUMN.***4***

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018