Panyabungan (Antaranews Sumut) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumut melalui UPTD Museum Negeri Sumatera Utara gelar Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM) di Kabupaten Mandailing Natal, Kamis, 12/7.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di aula hotel Rindang, Dalan Lidang Panyabungan ini juga dihadiri oleh siswa dari tingkatan SLTP dan SLTA yang ada di kabupaten itu. 

Pada gerakan ini juga menghadirkan 4 narasumber seperti Kepala Museum Negeri Sumut, Martina Silaban, Hj. Sri Hartini, Tina dan budayaan Mandailing, Askolani Nasution.

Kepala UPTD Museum Negeri Sumatera Utara, Martina Silaban menyampaikan, gerakan nasional cinta museum ini merupakan upaya pengenalan sejarah dan museum yang ada baik di daerah maupun yang ada di Sumatera Utara maupun Indonesia kepada generasi muda khusunya para pelajar. 

"Mari kita jadikan museum sebagai corong generasi muda sehingga nantinya bisa menjadi sarana edukasi," katanya. 

Dia mengharapkan dengan adanya gerakan Cinta Museum ini para peserta yang hadir nantinya diharapkan dapat menjadi duta museum baik di daerah maupun ditingkat provinsi. 

Mengingat ini adalah suatu perantara dan tugas, para generasi muda juga dimintakan untuk selalu menginformasikan dan mempublikasikan museum sebagai wisata edukasi dan sebagai objek wisata. 

Apalagi dengan perkembangan tekhnologi seperti sekarang ini peran dari museum sangat bermanfaat bagi perkembangan jati diri. 
 
"Kita juga meminta agar museum juga di publikasikan sebagai tempat wisata edukasi dan tempat wisata agar nantinya museum tersebut tidak hilang" kata dia. 

Sementara itu, budayawan Mandailing Natal, Askolani Nasution mengucapkan terimakasihnya kepada UPTD Museum Negeri Sumut yang telah memilih Kabupaten Madina sebagai tempat kegiatan. 

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018