Aekkanopan (Antaranews Sumut)  - Jumlah penduduk usia kerja 15 tahun atau lebih di Labura sebanyak 285.245 orang. Data itu merupakan hasil rangkuman yang diperoleh hingga 2016 lalu.

Demikian dikatakan Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja (PPTK) Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian Labura Hendra Syahputra SH kepada wartawan di kantornya, Selasa.

“Jumlah usia kerja yang terangkum baru hingga akhir 2016. Hasilnya dikeluarkan pada 2017. Sementara untuk tahun 2017 masih sedang dalam proses,”katanya saat ditanya tentang jumlah tenaga kerja di kabupaten itu.

Dari data itu, yang diketahui yang angkatan kerja sebanyak 158.784 orang, menganggur sebanyak 13.044 orang atau total 171.828 orang.

Sedangkan yang bukan angkatan kerja sebanyak 113.417 orang. Rinciannya masih sekolah sebanyak 24.417 orang, mengurus rumah tangga 75.554 orang dan lainnya sejumlah 13.446 orang.

Diterangkannya, mereka yang sudah selesai atau tamat SMA sederajat sudah masuk dalam katagori pencari kerja. Namun jika mereka melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka tidak termasuk pencari kerja.

Terkait upaya yang dilakukan pihaknya terhadap pencari kerja, diantara yang dilaksanakan adalah melakukan pelatihan. Jika anggaran tidak ada di kabupaten, pihaknya akan menjalin atau mengupayakan kerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan.

Selain itu ada juga model mobile trainding unit (MTU) seperti yang telah dilaksanakan pada 2017. “Pesertanya sebanyak 96 orang,” jelasnya seraya menambahkan pihaknya juga sudah menjalin komunikasi dengan Kementerian Tenaga Kerja.

Hasilnya atau output dari komunikasi itu, pada tahun ini, pihaknya berencana melaksanakan kegiatan perluasan kesempatan dengan target mereka yang tergolong setengah bekerja, pengangguran dan purna TKI. “Jumlahnya 20 orang,” pungkasnya.

Pewarta: Sukardi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018