Asahan (Antaranews.Sumut) - Hasil Pleno terbuka rekapitulasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Asahan menyatakan pasangan Eramas (Edy Rahmayadi dan Musa Rajechsyah) nomor urut 1 memperoleh 224.950 suara atau 75, 16 % dari masyarakat Asahan.

Sumbangan suara dari Kabupaten Asahan untuk Eramas sebanyak 75,16 % secara otomatis mengalahkan rivalnya pasangan no 2 pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus (Djjoos) yang hanya memperoleh  74.333 suara atau 24,84 %.

Perolehan suara Eramas di 25 Kecamatan di Asahan terlihat menguasai seluruh Kecamatan yakni 24 Kecamatan. Sedangan 1 Kecamatan dimenangi oleh pasangan nomor 2 di Kecamatan Bandar Pasir Mandoge.“ Hasil Pleno kita bahwa pasangan no 1 menang, “ kata Ketua KPU Asahan, Darwis Sianipar di KPU setempat.

Darwis menjelasakan pleno yang dibuka mulai  Kamis pagi dan berakhir sekitar pukul 22.00 Wib di Hotel Sabty Garden tersebut berjalan dengan lancar, meskipun ada sejumlah persoalan tentang salah ketik dan perbaikan laporan serta jumlah persoalan DPT, namun semuanya bisa diselesaikan dengan baik.

“ Kesuksesan Pilgubsu di Asahan buka karena KPU, tapi karena kesadaran dan kerjasama semua pihak dan elemen masyarakat,” kata Darwis.

Selain itu, Darwis juga mengucapkan terimkasih kepada masyarakat yang antusia mengikuti Pilgubsu di Asahan. Dari persentase KPU Asahan bahwa jumlah pemilih di Asahan mencapai 61,07 % dari jumlah DPT sekitar 495.678 suara. 

“ Ini prestasi yang bagus buta Asahan, karena persentase pemilih naikdari pelaksanaan pemilu tahun sebleumnya,” kata Darwis, sembari mengatakan pihaknya akan membawa hasil pleno ke KPU Provinsi.

Pleno KPU tersebut dihadiri oleh seluruh komisioner, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, Polres, Kejaksaan, Panwaslih, para saksi masing-masing paslon.

 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018