Asahan (Antaranes.Sumut) - Bupat Asahan, H Taufan Gama Simatupang meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Asahan untuk mempercepat pengurusan Elektronik Katu Tanda Penduduk (e-KTP).

Permintaan tersebut disampikan Bupati Asahan dihadapan Kadisdukcapil dan  stafnya serta ribuan Apartur Sipil Negara (ASN) dalam acara halal bi halal di halaman Kantor Bupati Asahan. 

“ Bupati kemarin secara tegas meminta Dukcapil untuk meberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam hal pengurusanan data kependudukan, khususnya e-KTP,” kata Kadis Kominfo Asahan, Rahmat Hidayat Siregar di Kisaran.

Bupati Asahan, kata Hidayat meminta kepada Dukcapil untuk memproritasakan masyarakat yang telah merekam dan membuat laporan kependudukan, pasalnya masiha banyak masyarakat yang telah merekam belum menerima e-KTP tersebut. “ Memang kendalanya Asahan terus mengalami kekurangan blangko e-KTP,” sebut Hidayat.

Hidayat menyebutkan bahwa administrasi kependudukan sangat penting karena sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat. Apalagi kini kebutuhan kependudukan sudah meruakan kebutuhan penting dalam pelyanan publik. “Bupati minta Dukcapil berikan loyalitas kepada masyarakat dlam pembutan KTP ataupun KK,” ungkap Hidayat.

Sementara itu, Kadis Dukcapil, M Rais menyebutkan kendala yang sering terjadi adalah terkait dengan jaringan ke serve terganggu sehingga pembutan KTP menjadi terhambat. Namun bila jaringan bagus pembutan KTP bisa lancar. Ditambah lagi blangko KTP terus mengalmi kekurangan, karena banyak warga melakukan perekaman. “Kita siap melayanan masyarakat dan meningkatkan pelayanan,” ucap Rais.

 

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018