Tebing Tinggi (Antaranews Sumut)-Dalam kurun waktu dua hari terakhir ratusan ikan ditemukan mati terapung di Sei Padang yang diduga tercemar limbah salah satu pabrik kelapa sawit.

Limbah yang mencemari Sei Ppadang selain menyebabkan ikan mati, juga membuat air bersih yang disalurkan PDAM Tirta Bulian kepada pelanggan di Kota Tebing Tinggi menjadi hitam dan berbau sehingga tidak dapat digunakan untuk cuci mandi oleh warga.

"Ikan yang mati oleh warga tinggal dibantaran sei-padang dikutipin dan sebagian ada juga dimanfaatkan untuk dikonsumsi, gak apa-apa jika sudah dibersihkan dan bagian dalamnya dibuang, ujar seorang warga di kel.bandar utama.

Beberapa petugas dari Dinas Lingkungan Hidup yang mendapatkan laporan dari warga langsung turun kelapangan berupaya mencari sumber tercemarnya air sei-padang menyisiri sei- padang, dan dugaan tercermar limbah kelapa sawit.

Seorang staf Dinas LH katakan baunya minyak kelapa sawit, tapi asalnya dari PKS mana belum diketahui karena di hulu sungai ada beberapa PKS milik BUMN maupun Swasta, kami masih berupaya mencari sumbernya, katanya enggan disebutkan indetitasnya.




 

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018